Let's Skate The Planet

Udah bukan hal aneh kalo saat ini kita menemui banyak remaja yang membawa dan bermain papan panjang dengan roda yang biasa kita sebut papan skateboard. Olahraga yang satu ini emang semakin populer di kalangan remaja. Jangan-jangan, Hexsob termasuk salah satunya ya? Hehehe.

Perkembangan skateboard juga membawa dampak baik. Atlet-atlet skateboard Indonesia banyak yang berprestasi di ajang regional maupun international seperti X-Games. Keren kan?

Oia, Hexsob tau ga sih sejarahnya olahraga skateboard? Hmm sepertinya ada di antara Hexsob yang belum tahu gimana sejarahnya ya? Yaudah, Hexbro coba kasih sejarah singkatnya yaa.

Skateboard pertama kali ditemukan pada tahun 1940-1950an setelah para peselancar dari California ingin mencari sesuatu untuk dikendarai ketika ombak di laut lagi gak oke. Papan pertama dibuat dengan papan yang diberi ban roller skate.

Kemudian di tahun 1970an, Frank Nasworthty membuat ban skateboard dengan bahan polyurethane atau biasa disebut cadillac. Dia berharap agar orang dengan proporsi tubuh apapun bisa memakainya. Dengan adanya peluncuran ban baru tersebut membuat popularitas skateboarding berkembang pesat. Banyak perusahaan mulai memproduksi truck (gandar roda) dengan mendesain khusus untuk para skaters. Pabrik-pabrik mulai mengadakan percobaan dengan mengabungkan bahan eksotik dengan metal, seperti fiberglas dan aluminium. Para skateboarders pun menikmati papan yang semakin mendukung performa mereka dan mulai menciptakan trik baru. Beberapa skaters, khususnya Ty Page, Bruce Logan, Bobby Piercy, Kevin Reed, dan Z-Boys (dinamakan begitu karena toko lokal mereka bernama Zephy Shop) mulai meluncur di tembok vertical kolam renang yang dibiarkan kosong di masa kekeringan yang melanda California pada tahun 1976. Ini adalah asal mula tren vert di dunia skateboarding.

Penemuan no-hands aerial (yang akhirnya dikenal dengan nama ollie) oleh Alan Gelfand di Florida pada tahun 1976, dan juga grabbed aerial oleh George Orton dan Tony Alva membuat para skaters semakin leluasa melakukan trik di vertical ramp.

Karena kebanyakan orang gak bisa bikin atau mempunyai akses bermain di vert ramp, akhirnya bermain di jalanan (freestyle street) menjadi populer. Rodney Mullen menciptakan banyak trik dasar modern seperti impossible dan kickflip.

Pengaruh freestyle street skating menjadi tren selama pertengahan 80an, dan masih menggunakan papan dengan bentuk yang lebar dan nose yang pendek.

Di generasi sekarang, skateboarding didominasi dengan street skating. Dengan lebar papan 7¼ sampai 8 inci, dan panjang 30 sampai 32 inci. Ukuran roda relatif lebih kecil agar papan terlihat lebih terang, agar berputar lebih cepat, dan membuat skaters lebih mudah dalam melakukan trik. Bentuk ini sudah menjadi standar di pertengahan 90an.

Saat ini selain skateboard, sang ‘saudara kembar’ longboard juga mulai populer. Perbedaannya terletak di bentuk dan ukuran papan. Longboard lebih digunakan untuk downhill dan trik power slide.

Nah, gimana? Sekarang udah pada tahu kan sejarah singkat olahraga skateboard yang semakin populer di Indonesia? Untuk Hexsob yang mau coba ikutan, sekarang udah banyak kok toko dan komunitas skateboard di Indonesia. Kamu bisa tanya-tanya, dan main bareng temen-temen yang udah lebih dulu bermain skateboard . Ingat, utamakan keselamatan yaa, gunakan helm selama bermain. Selamat bermain Hexsob :)