Rumah Cemara, Prestasi Di Balik Stigma

Hexsob ada yang tau apa itu Homeless World Cup? Homeless World Cup adalah ajang sepakbola tahunan yang diikuti oleh berbagai negara dengan pemain yang ‘ga biasa', yaitu dari kaum termarjinalkan/terpinggirkan seperti penderita HIV/AIDS serta tunawisma/gelandangan. Sejak keikutsertaannya di ajang ini, timnas Indonesia memiliki prestasi yang cukup baik. Prestasi terbaik yang pernah dicapai adalah menduduki peringkat ke-4 di Mexico City tahun 2012 setelah kalah dari Mexico di partai semifinal dan dari Brasil di babak perebutan tempat ke-3 dan 4. Dan yang mewakili sekaligus sebagai partner Homeless World Cup di Indonesia adalah Rumah Cemara. Keren yah? Eh btw apa sih tuh Rumah Cemara?

Rumah Cemara, berbasis di Bandung, adalah organisasi berbasis komunitas yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan pecandu NAPZA di Indonesia melalui pendekatan dukungan sebaya. Didirikan pada tahun 2003 oleh lima orang mantan pecandu, Rumah Cemara merupakan jejaring orang dengan HIV/AIDS dan pecandu NAPZA terbesar di Jawa Barat. Rumah Cemara memiliki 45 staf, 70% pria dan 30% wanita, dengan rentang umur 20-35 tahun. Hampir seluruh staf adalah mantan pecandu, dan 85% adalah HIV positif.

Visi Rumah Cemara adalah memimpikan Indonesia tanpa diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS dan orang yang menggunakan narkoba.

Pada sebuah kampanye anti stigma dan diskriminasi terhadap ODHA yang diadain sama produsen alat olahraga ternama dan Yayasan Asoka Internasional, Rumah Cemara memiliki konsep terbaik dengan bermain sepakbola. Dan sejak tahun 2010 hingga sekarang, Rumah Cemara resmi menjadi partner dan mewakili timnas Indonesia untuk berlaga di ajang Homeless World Cup.

Buat Hexsob yang tertarik ingin menjadi relawan, atau memberikan donasi, atau ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai Rumah Cemara, bisa menghubungi Rumah Cemara di:

Jl. Gegerkalong Girang No. 52

 

Bandung - Jawa Barat

 

Indonesia

 

+62(0)222011550