4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Dilan Sebagai Anak Motor

Anak motor, punya cewek cantik, kalo ngomong suka dibikin rada-rada puitis. Gue rasa lo udah bisa ngebayangin sosok siapa yang memenuhi kriteria tersebut. Dilan, udah nggak ada yang laen. Dia itu jadi fenomena nasional semenjak bikin banyak cewek klepek-klepek sama kata-kata puitisnya.

Tapi, nggak semua orang suka sama Dilan. Ada beberapa yang juga mengkritik dia sebagai anak nakal dan cuma tau ngerayu cewek. Walaupun Dilan emang anak motor, tetapi kalo menurut gue sih Dilan nggak seburuk yang lo kira. Maksud gue, jangan sampe lo nggak suka sama Dilan cuma gara-gara dia keliatan kayak preman.

Cewek secantik Milea nggak mungkin bisa luluh sama seorang Dilan kalo Dilan nggak punya kualitas positif. Kita lihat dari sisi itu aja. Jadi, ada hal yang bisa dipelajari dari seorang Dilan? Tentu saja ada. Sob, setiap orang itu punya sisi positifnya masing-masing. Kalo kata guru gue, “Ambil sisi yang baiknya, buang yang buruknya.

Ini adalah 4 hal yang bisa kita pelajari dari Dilan sebagai anak motor:

  1. Sopan

Walaupun Dilan punya geng dan kadang-kadang suka berantem sama geng motor lain, tetapi dia punya kualitas yang mungkin udah dilupakan sama anak-anak jaman sekarang: kesopanan. Dilan itu sopan kalo sama orangtua, ini mungkin berasal dari didikan bapaknya yang merupakan seorang tentara.

  1. Gentleman dan pemberani

Dilan nggak akan membiarkan teman-temannya disakiti, apalagi kalo Milea yang disakiti. Ini adalah kualitas seorang gentleman. Nggak banyak orang yang berani bertindak spontan ketika teman-temannya disakiti, itu nggak berlaku buat Dilan.

  1. Nggak takut menyuarakan opini

Selain emang sifatnya yang rada “bawel”, Dilan bukan tipe orang yang diam ketika ada sesuatu yang kurang nyaman di hatinya. Dia bakal ngomong kalo emang mengganggu. Ini kualitas positif, sih. Kita bisa mencontoh hal ini untuk hal-hal lain, jadi nggak membiarkan yang salah berkuasa.

  1. Selalu menempatkan diri sebagai “anak mama”

Bukan berarti manja, ya. Tetapi Dilan ini mencontohkan bahwa dirinya sangat mencintai keluarga. Dia dekat dengan keluarganya, bahkan sering menceritakan hal-hal aneh tentang Milea. Ini adalah bukti bahwa walaupun jadi preman, bukan berarti kita bisa lupa sama sosok yang sudah melahirkan kita.

Mau tahu lebih banyak soal Dilan? Nonton film Dilan 1991 di bioskop akhir Februari ini, ajak temen-temen lo biar rame!