Lo Suka Jualan, Sob? Perhatiin 3 Tips Ini Biar Dagangan Lo Laku!

Jangan remehin aktivitas jualan. Dari jaman purba sampai jaman modern, jualan adalah salah satu kegiatan yang nggak pernah ilang dari kehidupan manusia. Itu tandanya berdagang udah dianggap sebagai salah satu kebutuhan manusia. Tapi bener, lho … kalo nggak ada yang jualan sama sekali, kita juga bakal susah nyari kebutuhan sehari-hari, kan?

Lo mau cari beras di mana kalo nggak ada warung atau mini market yang jualan? Panen padi sendiri di halaman rumah? Wkwkwk.

Gue sebenernya nggak terlalu jago soal jualan, tapi pernah bantuin nyokap jualan donat di sekolah. Jadi, sedikit atau banyak, gue punya pengalaman juga soal dagang. Kebetulan emang nyokap gue ini jago masak, donatnya enak banget, jadi gue tinggal promosiin aja di sekolah. Nggak cuma di kalangan murid, guru-guru juga suka beli donat gue kalo lagi jam istirahat.

Lo tau nggak sih apa enaknya jualan? Lo bisa punya duit jajan sendiri. Bahkan, duit jajan lo bisa lebih banyak daripada anak-anak sepantaran lo. Mau jajanin gebetan juga nggak perlu minta ke ortu, wkwkwk. Lo bahkan bisa bantu orang susah di pinggir jalan atau bantu orang tua lo. Kurang keren apa, coba?

Nggak enaknya? Lo cuma perlu berani malu aja, sih. Dan nggak semua orang suka sama hal ini.

Tapi, serius, Sob. Salah satu guru yang suka beli donat gue pernah bilang, “Salah satu cara biar kamu kaya adalah dengan dagang.” Jadi, aktivitas jualan ini emang nggak remeh. Jangan nganggep bahwa jualan itu terkesan miskin. Justru jualan bisa bikin lo kaya.

Nah, kalo lo kebetulan juga suka jualan, gue punya beberapa tips biar lo dagangan lo laku. Ini dia:

 

  1. Tingkatin kualitas produk lo

Jualan donat, jualan baju, jualan minuman, jualan lapak iklan di Instagram, jualan followers, mau jualan apa pun … kualitas itu penting. Kalo barang lo nggak bagus, orang nggak akan mau beli. Kalo lo belom bisa bikin barang bagus, minta bantuan sama orang yang bisa. Misalnya, kayak gue: gue nggak bisa bikin donat, tapi nyokap gue jago, jadi gue ‘kerjasama’ aja ama nyokap buat jualan.

 

  1. Jangan malu buat promosi

Yang namanya pedagang harus berani malu, soalnya itu penting buat nawarin barang ke orang-orang di sekitar kita. “AYO BELI, BELI, BELI!” Itu adalah salah satu contoh promosi klasik yang masih dipake sama pedagang-pedagang di pasar. Kalo pedagang modern, biasanya ngiklan di TV pake adegan-adegan kocak. Tapi inget, berani malu juga harus tahu diri, ya! Jangan sampai bikin temen-temen lo kesel. Tau waktu dan tempat, lah!

 

  1. Pasang harga yang wajar

Jualan emang bikin lo kaya, tapi nggak bisa mendadak. Pelan-pelan, Sob. Pasanglah harga sewajarnya. Jangan bikin pelanggan kabur akibat harga dagangan lo kemahalan. Sesuaikan sama harga bahan bakunya. Mudah-mudahan sih harga bahan bakunya juga nggak kemahalan, jadi lo bisa jualan dengan harga yang lebih terjangkau. Apalagi kalo lo jualannya ke anak-anak SMA, mereka nggak mungkin mau beli siomay dengan harga 50.000, kan? Muke gile lo, itu jualan udah kayak tukang palak, wkwkwk.

 

By the way, lo perlu nonton video ini di Instagram, Sob! Ini adalah gambaran ketika lo jualan di lingkungan sekolah. Gue ngerasain apa yang dirasain sama aktor di video ini, hehehe. Klik di sini: https://www.instagram.com/p/Bpb5ht2ARl8/