Gali Minat Lo, Inilah 3 Alasan Kenapa Punya Passion itu Penting!

Jadi anak SMA itu emang menegangkan. Soalnya, kita tinggal selangkah lagi menuju kehidupan yang sebenarnya. Gue pernah ngobrol sama sepupu (dia lebih tua dari gue), dia bilang bahwa kehidupan yang sebenarnya akan kita rasakan ketika sudah lulus sekolah nanti. Jadi, jangan terlalu bahagia, sebab tantangan yang sebenarnya belum datang.

Kalo gue liat-liat sih emang kehidupan orang dewasa itu nggak seenak yang kita kira, sih. Lo lihat dari orangtua lo aja, deh. Untuk bisa nyekolahin lo, ngasih lo makan, ngasih lo tempat tinggal, mereka harus bekerja, kan? Pergi pagi, pulang udah larut malam; itu bukan hal yang mudah, Ferguso!

Nah, di satu kesempatan, sepupu gue akhirnya cerita. Menurut dia, salah satu yang perlu kita pikirkan sejak sekarang itu adalah passion atau minat. Jangan pernah malu untuk mengekspresikan diri terhadap apa yang lo suka, intinya begitu. Apa yang lo suka jangan cuma jadi keinginan terpendam, tapi perlu lo gali.

Jangan sampai lo telat nyadar kalo lo sebenernya suka sama sesuatu, Xel. Kalo lo suka sesuatu, lo harus pelajari dan tekuni itu. Misalnya, lo suka main gitar, ya lo tekuni itu sampe bener-bener jago,” itu adalah kata-kata sepupu gue yang paling gue inget.

Lo pasti bertanya-tanya, kenapa sih kita perlu punya minat? Kenapa sepupu gue menyarankan gue untuk menekuni minat? Nah, beberapa hal di bawah ini mungkin bisa memuaskan rasa penasaran lo. Passion itu ternyata bukan cuma istilah keren doang, tetapi bisa bermanfaat untuk kehidupan lo setelah lulus sekolah. Check it out!

  1. Membantu mengenal diri lo sendiri

Setiap orang punya minat dan kesukaan yang berbeda-beda. Dengan menggali rasa suka lo akan sesuatu, lo akan merasa menjadi diri lo sendiri; lo akan merasa lebih bebas; lo nggak merasa terkekang sama standar-standar orang lain, karena lo tahu apa yang lo lakukan. Lo ahli di suatu bidang, sehingga lo akan lebih percaya diri menghadapi hidup.

  1. Membantu menentukan jurusan kuliah

Bagi lo yang pengen kuliah, minat itu penting untuk digali dari sekarang. Menurut sepupu gue, ada BANYAK BANGET mahasiswa yang kuliah tapi salah jurusan, ini gara-gara mereka nggak pernah menggali minat sejak mereka sekolah. Kalo lo udah punya minat, lo bakal mudah menentukan mau ngelanjutin kuliah di mana, karena lo tahu apa yang lo bisa dan lo mau. Ketika lulus kuliah pun kemungkinan lo jadi lulusan terbaik bakal semakin gede.

  1. Membantu menentukan jalan hidup

Berbeda dengan pendapat kebanyakan orang, menurut sepupu gue, minat yang digali sejak kecil juga bakal bikin lo lebih mudah buat menentukan tujuan hidup dan tempat bekerja. Kita sering denger orang bertanya, “Kok kuliahnya ngegambar, sih? Kok kuliahnya main musik doang? Nanti kerjanya apa?” Sebenernya itu cuma omongan orang-orang yang nggak tahu banyak soal dunia perkantoran. Sepupu gue bilang: jangan peduliin omongan itu! Faktanya, ada banyak tempat kerja yang siap menampung kita sesuai minat. Dan gajinya pun nggak kalah gede sama PNS, bahkan lebih gede lagi.

Sepupu gue sendiri adalah lulusan kesenian, dia emang suka banget gambar, nyanyi, dan drama. Orangtuanya sempet marah, karena takut dia nggak dapet pekerjaan yang layak. Akan tetapi, ternyata sekarang dia bekerja untuk perusahaan yang butuh kemampuan seninya. Gajinya? Jangan salah, Sob. Ratusan dolar perbulan! Dolar, bukan rupiah lagi. Akhirnya, orangtuanya pun luluh, dia jadi kebanggaan keluarga sekarang.

Selalu ingat peribahasa bahasa Indonesia: sedia payung sebelum hujan. Minat ternyata adalah ‘payung’ buat kehidupan kita.