Kenalan Sama Zepeto, Aplikasi Media Sosial Lucu Asal Korea

Belakangan ini temen-temen kelas gue rame banget ngomongin aplikasi Zepeto. Rame banget, udah kayak pasar. Gue awalnya nggak peduli sama aplikasi itu, tapi lama-lama temen semeja gue ikutan promosi. Dia berusaha untuk meyakinkan gue kalo aplikasi itu emang keren. Yaelah. Akhirnya, mau nggak mau, gue jadi ikutan download buat cari tahu.

Zepeto adalah aplikasi android buatan Korea Selatan. Menariknya, aplikasi ini katanya dibikin sama Naver, perusahaan yang juga mengembangkan aplikasi LINE. Gue pikir Zepeto ini game, soalnya dia pake karakter 3D dan bisa kita ganti-ganti bajunya. Akan tetapi, gue salah menduga. Karakter 3D yang bisa diubah-ubah itu ternyata cuma salah satu fiturnya.

Zepeto ini ternyata media sosial yang pake karakter 3D buat berkomunikasi! Wedew. Jadi ini sebenernya semacam Facebook, tapi profilnya nggak pake foto asli.

Pas gue lihat fitur-fiturnya lebih lengkap, Zepeto ternyata emang punya kemampuan yang sama seperti Facebook atau Instagram. Dia bisa chatting juga sama orang dari berbagai belahan dunia, bisa add friend/follow, bahkan bisa tulis status. Lucunya, aplikasi ini tidak memanfaatkan foto untuk menunjukkan jati diri kita, tetapi pake karakter 3D.

Nggak cuma berfungsi sebagai media sosial, kita juga bisa ngeganti baju, beli-beli barang pribadi yang unyu buat si karakter, ngeganti gaya rambut, sampai ngeganti gaya jogetan si karakter. Kocak, sih. Gue ngakak ngeliat jogetan-jogetannya. Itu artinya, kita bisa main game dress-up juga. Buat lo yang suka game dress-up, Zepeto ini emang media sosial yang ideal banget, sih. Khususnya buat kaum cewek, nih.

Akan tetapi, walaupun konsepnya keren, gue menemukan kekurangan dari aplikasi ini. Kayaknya aplikasi ini belom siap buat ‘nampung’ banyak orang. Akibatnya, server Zepeto sering error. Kalo udah error, lo bakalan susah buat masuk lagi ke aplikasinya. Nggak heran, aplikasi ini akhirnya dikasih bintang 3,5 di PlayStore, padahal pas awal-awal rilis sempat dapat 4,6. Jadi jelek reputasinya gara-gara servernya sering jebol.

Selain itu, kalo lo kebetulan masih bisa akses aplikasinya, Zepeto memakan memori yang cukup besar. Hape lo bakalan panas kalo kelamaan buka Zepeto. Kalo udah panas, bisa lemot itu aplikasinya. Hape lo juga bakalan kena lemot, sih.

Dua masalah besar itu HARUS diperbaiki sesegera mungkin sama si pembuat aplikasi. Kalo enggak, gue nggak bisa jamin Zepeto akan bisa bertahan dan terkenal layaknya Tiktok. Secara singkat, Zepeto itu aplikasi media sosial yang unik banget, keren, tapi belom siap untuk dirilis besar-besaran.

Itu menurut gue soal Zepeto, gimana menurut lo, Sob?