PUBG dan Mobile Legend Ganggu Waktu Belajar? Ikutin Cara Ini Biar Lo Nggak Ketagihan Main Game

Gue nggak tahu gimana kebiasaan anak-anak SMA jaman dulu. Kalo kata sepupu gue yang kelahiran tahun 90an sih, anak SMA jaman dulu males belajar gara-gara ada tren Playstation. Nah, mungkin sama kayak gitu, kalo jaman sekarang itu anak-anak SMA banyak yang males belajar gara-gara PUBG dan Mobile Legend.

Termasuk gue, hahahahaha.

Eh, tapi gue udah ngelewatin masa-masa supermalas itu, deh. Waktu awal-awal dibeliin hape sama nyokap, iya, gue pernah nggak belajar sama sekali selama satu semester. Pengennya main game terus. Tapi, semakin hari, semakin nilai gue jelek, gue semakin sadar bahwa terlalu banyak main game bisa bikin pola kehidupan gue jadi nggak bener.

Akhirnya, gue berusaha untuk melawan dan mencari cara gimana caranya biar gue nggak ketagihan main game. Minimal, kalo gue nggak bisa berhenti, gue harus bisa nyeimbangin waktu antara belajar dan main game. Gue sampe nyari tutorial-tutorial di Youtube biar nggak terus-terusan main hape. Soalnya, kalo gue nanya sama nyokap, hape gue pasti disita.

Hahaha, koplak banget kalo inget masa-masa itu.

Tapi, gue menemukan caranya. Ternyata, hidup itu emang mesti seimbang, Sob. Yaaaa, gimana ya, main game bagi gue adalah sebuah kebutuhan. Jadi, gue nggak berhenti total main game, tapi gue belajar untuk mengendalikan keinginan. Nah, beberapa tips ini mungkin juga bisa ngebantu lo biar nggak ketagihan main hape nih, Sob:

 

  1. Bikin jadwal main dan belajar

Gue nanya sama sepupu gue yang kelahiran tahun 90. “Gimana cara lo lepas dari rasa ketagihan main Playstation?” Jawaban dia simpel: lo cuma perlu bikin jadwal antara main dan belajar. Misalnya: siang ke sore buat jadwal main game, malam dijadwalin buat belajar. Kalo kita udah punya jadwal kayak gitu, otak kita juga akan secara otomatis bakal ngikutin kategori-kategori waktu yang udah kita buat.

 

  1. Belajar deket ortu

Ini juga salah satu cara yang ampuh. Waktu awal-awal gue mau ngurangin main game, itu gue beneran belajar di samping nyokap. Jadi, nggak bisa tuh gue buka-buka hape, terus abis itu main Mobile Legend, kagak bisa. Gue jadi terdorong buat bener-bener belajar. Paling enggak, keinginan gue buat megang hape itu bisa berkurang drastis. Soalnya kalo belajar deket ortu, terus main game, bisa diomelin gue.

 

  1. Perbanyak aktivitas di luar

Ini nggak berhubungan langsung sama belajar, tetapi juga bisa mengurangi dampak main game secara drastis. Soalnya, kalo kita main keluar sama temen, apalagi sambil olahraga (main bola, main basket, sepedahan), kita bakal lupa tuh sama yang namanya hape. Secara tidak langsung, ini juga bakal mengurangi keinginan lo buat main hape. Harapannya sih bisa kebawa juga pas lagi waktunya belajar.