Suka Banget Main Tiktok? Cobain 3 Cara Kreatif Ini Biar Konten Lo Lebih Bermanfaat!

Kayaknya gue nggak perlu ngejelasin Tiktok itu apaan. Ini aplikasi terkenal banget di kalangan anak-anak SMA. Emang sih, aplikasi ini sempet diblokir sama pemerintah, tapi ternyata balik lagi tuh. Hebatnya, walaupun sempet kena blokir, aplikasi ini tetep rame dan laku kayak kacang goreng.

Kalo ngomongin Tiktok, temen sekelas gue kebetulan ada yang demen banget pake aplikasi ini. Yaaaa, dia nggak ngapa-ngapain, sih. Cuma ngeliatin video-video nggak jelas, terus ketawa-ketawa sendiri. Saking sukanya dia sama Tiktok, dia juga suka nyamperin gue sambil nunjukkin video-video yang udah dia tonton.

“Lucu, ya? Lucu, ya?” Selalu begitu pertanyaannya. Anjir pusing gue. Kadang-kadang pas gue lagi ngantuk juga tetep aja dia nunjukkin cewek-cewek SMA pada joget, ampun banget gue.

Sampe pada akhirnya, gue pura-pura nanya ke dia (padahal sebenernya pengen ngusir), emangnya apa sih kelebihan Tiktok? Nggak ada konten yang lebih bermanfaat selain joget? Gue frontal banget, bener-bener kedengeran pengen ngusir, wkwkwkwk.

Eh, tapi, si temen gue ini ngejawab dengan serius. Dia bilang ke gue, “Sebenernya yang bikin Tiktok jelek itu pemakainya. Konten-konten nggak berfaedah kayak beginilah yang bikin Tiktok namanya jelek.

YA, TERUS KENAPA LO TONTON JUGA, BAMBANG? Kan jadi kesel ya gue. Tapi abis itu dia lanjutin lagi, ini yang menurut gue keren, “Aplikasi itu tergantung pemakainya. Kalo menurut lo Tiktok itu jelek karena konten-kontennya nggak berfaedah, kenapa nggak lo bikin konten-konten positif untuk menyaingi konten-konten jelek?

Pertanyaan temen gue ini bikin gue merenung. Bener juga, gue pikir. Tiktok selama ini jadi jelek karena cuma sedikit berusaha bikin konten-konten keren. Walaupun temen gue ini somplak, tapi dia bener. Dia pun ngasih gue tips berguna soal Tiktok, barangkali bisa berguna juga buat lo yang menggemari Tiktok. Ini tips dari dia:

 

  1. Tuangin kreativitas terkeren lo di Tiktok

Kreativitas yang dimaksud temen gue ini bukan joget-joget nggak jelas kayak yang sering lo liat di Tiktok, tetapi kreativitas yang bernilai. Ngegambar, nyanyi, sulap, atau ngelawak. Jadi kita menghibur, tapi dengan cara yang keren, nggak cuma joget atau lipsync. Serius, kalo dipikir-pikir lagi … pelajaran kesenian dan bahasa Indonesia itu bisa kepake banget buat nuangin kreativitas di Tiktok, lho.

 

  1. Share tips

Lo suka main game? Mobile Legend? AOV? PUBG? Kenapa nggak lo coba share tips biar bisa jago main game-game itu di Tiktok? Misalnya: lo tunjukkin gimana caranya biar bisa menang main Mobile Legend atau lo tunjukkin gimana caranya bisa bertahan hidup lebih lama di PUBG. Atau, kalau misalnya lo cewek dan suka banget dandan, lo bisa juga share cara lo dandan biar lebih cancik.

 

  1. Bikin konten kebaikan

Konten berfaedah itu misalnya kayak konten-konten kebaikan. Misalnya, lo bikin video lucu tentang pentingnya buang sampah di tempat sampah. Atau, bikin video kocak tentang menolong nenek-nenek menyebrang jalan. Ini kocak, tapi ada manfaatnya. Pendek, tapi berfaedah. Nah, konten-konten kayak begini juga masih jarang di Tiktok. Kalo lo bisa bikin kayak begini, pandangan orang lain ke Tiktok juga bisa berubah, lho.

 

Pada akhirnya, walaupun temen gue minta kadang-kadang minta ditampol, tapi saran-sarannnya soal Tiktok masuk akal banget, lho. Berubah itu dimulai dari kita sendiri, jangan nunggu orang lain.