Gamers, Ternyata Ada 4 Pelajaran Hidup yang Bisa Didapat dari Mobile Legend

Ngomongin Mobile Legend emang nggak ada habisnya. Jangankan sama temen, gue ngobrolin game ini sama penjaga warkop juga nyambung, kok. Hahaha.

Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi di balik game ini, gue rasa Mobile Legend emang cocok dibilang legend karena membumi banget sama masyarakat kita. Di samping itu, Mobile Legend sebenernya juga mengandung banyak pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya, lho. Kok bisa?

Jadi, beberapa waktu lalu gue nyoba main ML lagi. Setelah melalui seri perjuangan, kemenangan, dan kekalahan yang sangat panjang, gue akhirnya menyadari bahwa main Mobile Legend itu mirip banget sama hidup. Beneran, lho. Gua nggak melebih-lebihkan cerita. Mau tau apa aja nilai moral yang bisa gue tangkep dari main ML?

 

  1. Epic Comeback mirip kesuksesan di detik terakhir

Kalo lo gamers, lo nggak akan asing dengan istilah Epic Comeback. Ini adalah istilah yang dipake buat menggambarkan kemenangan sebuah tim setelah “babak belur” dikeroyok sama tim lawan. Lo nggak nyangka kalo lo bakal menang, padahal dari awal udah keliatan tanda-tanda kalah. Itulah Epic Comeback.

Epic Comeback ini mirip banget sama kesuksesan manusia. Kadang lo ngerasa kayak yang capek banget, ngerasa pengen nyerah, tapi ternyata lo malah mendapatkan kesuksesan yang nggak terduga-duga. Dan itu semua karena lo tetep berjuang sampe detik terakhir. Percayalah, kerja keras itu emang nggak pernah mengkhianati lo.

 

  1. Kemampuan spesifik para hero mirip kehidupan nyata

Sadar nggak sih kalo masing-masing hero di ML punya kelebihan dan kekurangan? Ada yang kuat untuk pertarungan jarak dekat, ada pula yang berbahaya untuk pertarungan jarak jauh.

Nah, itu kan mirip banget sama kita di dunia nyata, Sob. Lo bayangin, deh. Nggak semua orang jago matematika, nggak semua orang jago kesenian, semua punya porsinya masing-masing. Dari sini, kita bisa belajar bahwa kita tidak perlu menjadi jago di semua bidang, tetapi tekuni apa yang kita bisa sampai jadi juara.

 

  1. Bikin strategi biar sukses

Udah bukan rahasia lagi kalo main game MOBA kayak Mobile Legend itu butuh strategi, jadi nggak asal maju dan mukul-mukulin musuh. Kunci kemenangan main MOBA adalah di strategi. Item apa yang yang mesti lo bawa, dari arah mana lo mesti menyerang, siapa teman yang cocok buat menemani penyerangan, itu semua mesti dipikirkan matang-matang.

Mirip sama kehidupan. Kalo lo mau sukses, ya lo harus bikin strategi. Kalo lo mau lulus ujian, ya lo harus bisa ngatur waktu belajar, main, dan istirahat.

 

  1. Lo nggak bisa berjuang sendirian

Nah, ini juga penting. Di dalam game MOBA sejenis Mobile Legend, lo nggak bisa maju sendirian untuk bisa mendapatkan kemenangan. Yang ada lo dikeroyok dan makin susah naik level. Sama dengan kehidupan, lo nggak bisa berjuang sendirian. Manusia itu makhluk sosial, selalu butuh manusia lain buat sukses. Lo mau pinter, lo butuh guru. Lo mau sembuh dari sakit, lo butuh dokter. Intinya, lo hidup nggak bisa berjuang sendirian, sama kayak main Mobile Legend, Sob!