Jangan Takut Gagal, Ini 5 Jurus Keren Biar Lo Percaya Diri Hadapi Ujian

Lo pernah nggak sih ngerasain takut banget menghadapi ujian? Tenang, Sob. Bukan cuma lo yang ngerasain kayak begitu, gue juga. Semua pelajar juga ngerasain hal yang sama. Ujian itu emang jadi semacam masalah paling rumit yang dihadapi oleh semua pelajar sekolah di Indonesia.

 

Waktu pertama kali menghadapi USBN, pas SMP, gue juga ngerasain deg-degan yang parah banget. Jangankan pas lagi diem di rumah, pas gue lagi liburan sama keluarga aja rasanya kayak dikejar-kejar setan. Gelisah bangetlah, karena gue takut banget nggak lulus. Kalo gue nggak lulus, gue mesti gimana? Orangtua gue nanti gimana perasaannya?

 

Setelah berhari-hari gue kelihatan nggak bersemangat, Emak akhirnya sadar kalau gue lagi stres. Beliau akhirnya nyamperin gue dan mencoba untuk meredakan perasaan gue yang ketakutan parah.

 

Emak bilang bahwa rasa takut itu alami. Takut remedial, takut nggak lulus, takut diomelin gara-gara nilai lo jelek, itu semua wajar. Yang perlu lo lakukan sebenernya bukan memikirkan apa yang akan terjadi kepada lo, tetapi memikirkan apa yang seharusnya lo lakukan untuk bisa lolos dari perasaan takut tersebut.

 

Ibaratnya, kalo lo nggak mau tenggelam, ya lo harus belajar berenang.

 

Jadi, biar lo nggak takut menghadapi ujian besar, apa yang harus lo lakukan? Ini beberapa tips yang bisa gue (dan Emak) kasih buat lo yang merasakan hal serupa kayak gue:

 

  1. Belajar

Udahlah, ini solusi yang paling utama dan yang paling realistis biar rasa takut lo bisa hilang. Biar lo lebih percaya diri menghadapi ujian ya lo harus belajar. Urusan ngerti dan nggak ngerti itu urusan nomor kesekian, yang penting belajar dulu. Dengan belajar, minimal lo bisa menghapal beberapa soal dan jawaban, kan?

 

  1. Fokus

Masih berkaitan sama tips nomor 1, lo perlu fokus dalam belajar, Sob. Jangan terlalu banyak distraksi. Tau nggak distraksi itu apa? Distraksi itu kayak dengerin musik, nonton TV, main Instagram, chatting, dan lain-lain. Lo harus fokus. Menyisihkan waktu beberapa jam buat belajar itu nggak rugi, kok. Demi masa depan lo.

 

  1. Berpikir positif

Emak berpesan ke gue agar jangan berpikir yang jelek-jelek kalo mau menghadapi sesuatu yang berat. Lo boleh takut, tapi jangan memberikan sugesti yang aneh-aneh ke diri lo sendiri. Jangan berpikir kayak, “Aduh, gue kan bodoh, gue pasti nggak lulus!” Jangan, Sob. Mendingan lo fokus berpikir gimana caranya agar lo lulus. Dan jawaban itu udah tertera di dua tips sebelumnya.

 

  1. Belajar sama temen yang rajin

Ini jadi salah satu solusi alternatif kalo lo termasuk anak yang susah banget berkonsentrasi. Cobain belajar bareng temen lo, deh. Kalo pun misalnya susah untuk ngedeketin temen yang jenius parah (karena lo nggak terlalu akrab sama doi), lo bisa pilih temen yang rajin untuk diajak belajar. Temen yang rajin itu bisa membalikkan fokus lo belajar, itu intinya.