Nggak Suka Pelajaran Tertentu, Ini 3 Tips Biar Lo Nggak Stress

Pernah nggak sih lo ngerasa kesel banget sama pelajaran tertentu di sekolah? Ngaku aja, dah. Gue juga sama kok, hahaha. Lo nggak perlu malu mengakuinya, karena itu lumrah, sob. Bahkan, menurut data Zenius--situs belajar online--ada 10 pelajaran yang paling tidak disukai sama anak-anak SMA. Gue rasa lo udah bisa ngebayangin daftarnya.

Akan tetapi, meskipun lo benci sama pelajaran tertentu di sekolah, bukan berarti lo harus berhenti, kan? Lo harus tetap belajar dan tetap melewati semua pelajaran yang lo benci biar bisa lulus. Gue juga sama, kok. Walaupun gue nggak suka banget sama pelajaran fisika, bukan berarti gue jadi berhenti belajar fisika, minimal biar gue bisa naik kelas.

Pertanyaannya adalah gimana kalo misalnya kita jadi stres gara-gara itu?

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, situs Zenius kembali memberikan kita beberapa tips biar kita nggak stres menghadapi pelajaran yang kita benci. Udah siap menghadapi hari-hari sekolah jadi lebih menyenangkan? Ini dia beberapa tipsnya:

 

  1. Tanamkan tekad

Lo boleh aja nggak suka sama pelajaran tertentu, tetapi minimal lo harus punya tekad/niat untuk lulus atau naik kelas. Dengan menanamkan niat kuat itu, badan dan pikiran lo juga akan terdorong untuk belajar lebih serius. Mungkin lo nggak akan ngerti sama apa yang lo pelajarin, tetapi setidaknya ada beberapa yang nyangkut di ingatan lo. Inget kata-kata gue: kalo nggak ngerti, hapalin aja.

 

  1. Belajar sama guru di luar jam pelajaran

Guru di dalam kelas itu biasanya punya kepribadian yang berbeda dengan guru di luar kelas. Jadi, salah satu cara biar lo nggak stres sama pelajaran yang lo benci adalah dengan belajar privat sama guru lo. Kalo misalnya nggak cocok sama guru A, coba cari guru B yang juga ngajarin pelajaran yang sama. Siapa tahu lo lebih cocok kalo diajarin sama guru lain. Gue waktu SMP kayak gitu dan akhirnya lulus, sob.

 

  1. Dekati teman yang rajin

Ini bukan berarti lo harus ngejauhin temen-temen yang males ya, sob. Bukan begitu. Akan tetapi, lo harus tahu kapan saatnya belajar dan kapan saatnya main. Ketika udah datang saatnya belajar, misalnya mau ujian, cobalah untuk belajar bareng temen-temen lo yang rajin. Dekati mereka, minimal untuk kebagian semangatnya.

 

  1. Kenali gaya belajar lo

Sob, tiap orang punya gaya belajar masing-masing. Ada yang sukanya baca buku, ada yang harus coba ngerjain soal dulu baru paham, ada yang belajar dengan suara, ada juga yang sukanya bermain-main sama warna (memberi tanda stabilo di buku pelajaran, menulis dengan warna berbeda, bikin poster tulisan tangan, dsb). Nah, cari tahu mana yang bikin lo gampang memahami pelajaran. Dengan begitu, yaaa diharapkan lo juga bisa menguasai pelajaran yang lo benci sekalipun.

 

  1. Cari referensi di luar sekolah

Bukan mau nyalahin guru lho ya, tapi ada beberapa guru yang cara ngajarnya nggak cocok dengan gaya kita. Kalau ini masalahnya, maka coba lo belajar dari referensi lain di luar sekolah. Dari sekadar browsing di internet, sampai ambil les sekalian. Atau lo bisa belajar sendiri di rumah berbekal buku pelajaran lo.