Sering Ngerasa Malas? Baca ini Biar Lo Sadar Kalau Kemalasan Menahan Kesuksesan Lo!

Lo sering nggak sih ngerasa panas saat melihat orang lain sukses?

Nggak usah jauh-jauh, deh. Bayangin aja kalo sahabat lo sukses dapat beasiswa atau saat dia sukses dapat pacar yang cantik dan pinter. Rasanya bakalan asin banget di hati lo, kan?

Yes, itu alami, sob. Nggak ada yang salah sih dengan itu. Yang salah adalah kalo lo cuma diem-diem aja dan menyimpan kedengkian sama orang yang udah sukses. Sebenernya lo juga pengen sukses kayak temen lo itu, tapi lo nggak ngapa-ngapain. Nah, ini yang bahaya.

Kebiasaan jelek sebagian masyarakat kita itu adalah terlalu sering menyaksikan kesuksesan orang lain, tetapi lupa sama perihnya perjuangan di balik kesuksesan itu. Artinya apa? Lo itu lebih sering melihat pencapaian orang ketimbang usahanya. Akibatnya, lo lebih asik bermimpi ketimbang berbuat.

Padahal, di balik setiap kesuksesan itu pasti ada kucuran keringat yang nggak terhitung. Nggak cuma keringat, airmata juga mungkin mengiringi perjuangan orang-orang sukses. Sodara lo mungkin bisa dapat beasiswa karena dia belajar keras. Temen sebangku lo mungkin bisa dapat pacar cantik karena dia berusaha untuk meningkatkan kualitas diri. Jadi, setiap kesuksesan itu ada usahanya.

Coba lo renungin lebih dalam lagi. James Watt, misalnya, penemu lampu. Berapa kali dia melakukan percobaan? 999 kali! Dari 1.000 kali percobaan, barulah dia menemukan trik yang tepat buat bikin lampu yang tahan lama. Lo bayangin, deh ... kalau dia menyerah, kita mungkin bakalan tetep pake lilin sama obor buat penerang di malam hari.

Pertanyaannya: lo udah melakukan usaha sejauh apa untuk sukses? Sukses itu hasil, usaha itu proses. Apa yang udah lo lakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik?

Sebenernya, lo nggak perlu menekuni semua hal, tetapi lo harus punya satu minat yang bisa bikin lo mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Misalnya, lo suka gambar, ya lo harus tekunin itu sampe lo bisa jadi komikus atau pelukis! Konsultasi sama guru kesenian lo, latihan terus, lo lakukan itu sampai lo mendapatkan sukses versi lo!

Gitu, lho. Jadi, bagi lo yang masih suka malas-malasan, percayalah ... hidup lo bakalan susah. Lo pikir orang sesukses Young Lex atau Awkarin itu bisa santai-santai sekarang karena mereka pemalas? Sob, mereka bisa sukses dan jadi selebgram kayak sekarang itu karena mereka dulunya berusaha keras buat jadi lebih baik! Lo suka ataupun nggak suka sama mereka, lo nggak akan bisa membantah kalo mereka bekerja keras, Sob.

Mereka aja yang udah sesukses itu ternyata juga butuh usaha, apalagi kita yang bukan siapa-siapa. Bangkit, Sob! Jangan males! Lo males, lo kegiles!