Susah Konsentrasi? Coba 5 Cara Ini Biar Lo Makin Fokus, Sob

Lo pernah nggak sih ngerasa susah banget berkonsentrasi? Katakanlah lo harus menghadapi ulangan esok hari, tetapi saat lo belajar nggak ada yang bisa masuk ke otak. Rasanya nyebelin dan bikin pusing banget, kan? Bukan cuma bikin pusing, tetapi itu bakalan berpengaruh ke nilai-nilai pelajaran lo di sekolah.

Nah, Hexos punya beberapa tips nih, Sob! Barangkali, beberapa tips ini bisa membantu lo mengatasi masalah susah konsentrasi. Penasaran? Simak cara-caranya di bawah ini!

  1. Jangan melakukan banyak hal sekaligus!

Satu-satu, dong, Sob! Ngerjain banyak hal sekaligus emang mungkin bisa membuat lo lebih cepat menyelesaikan tugas, tetapi kebiasaan ini sebenarnya justru jadi masalah untuk orang-orang yang susah berkonsentrasi.

Tenangkan pikiran lo, kerjakan semuanya secara berurutan, jangan sekaligus. Satu tugas selesaikan terlebih dahulu, baru tugas yang lain. Fokus, Sob. Melakukan pekerjaan satu demi satu  akan membantu lo untuk bisa lebih fokus saat bekerja.

  1. Olahraga ringan

Lo mungkin berpikir bahwa berolahraga akan membuat lo capek dan susah berkonsentrasi. Akan tetapi, studi menemukan bahwa olahraga sangat berperan penting bagi kesehatan otak dalam jangka waktu panjang. Gak perlu lama-lama. 15-30 menit setiap hari juga udah cukup, kok. Olahraganya juga nggak perlu yang terlalu berat, senam itu juga olahraga, lho.

  1. Istirahat bentar kalo udah ngebul

Semakin lama lo memaksa diri lo untuk mengerjakan sesuatu, otak lo akan semakin capek. Jangan paksain, Sob. Lo perlu menyeimbangkan kegiatan lo sama istirahat. Coba tidur sebentar kalo lo ngerasa kepala lo ngebul. Nggak usah lama-lama, 5-10 menit itu juga udah cukup buat bikin otak lo ngerasa lebih fresh.

  1. Meditasi

Meditasi juga bisa bikin konsentrasi lo pulih. Tarik napas, duduk bersila, tenang, pejamkan mata, terus keluarin napas lo secara perlahan-lahan. Pikirin hal-hal menyenangkan dalam hidup lo. Lakuin itu selama 10-20 menit dalam sehari bisa membantu pikiran lo kembali tenang dan fokus. Lakuin pas mau tidur dan pas bangun tidur.

  1. Isi perut lo, jangan dibiarin laper

Bener kata orang, lo itu jadi ngaco kalo laper. Laper emang faktanya adalah salah satu faktor kita jadi susah konsentrasi. Kalo lo emang ngerasa laper di saat lo harus melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi, seperti belajar, makan dulu. Ngemil aja kalau lo males makan nasi. Yang penting, perut lo nggak kosong dan otak lo punya “bensin” untuk berpikir lebih keras.