Ekspresikan Diri Lo! Ikuti Tips Ini Biar Lo Semakin Percaya Diri

Jadi pemalu itu emang susah, Sob. Kita ngerti perasaan lo. Orang yang pemalu itu susah untuk mengekspresikan diri, jadi suka kurang pede kalo misalnya disuruh melakukan sesuatu yang kelihatan sama banyak orang.

Sebenernya jadi orang pemalu itu nggak salah. Itu alami, men. Akan tetapi, kalo lo nggak punya kepercayaan diri sama sekali, itu bakal jadi masalah buat lo nantinya. Apalagi saat lo udah lulus sekolah dan harus kerja.

Malu itu natural, tapi percaya diri juga harus diasah.

Terus gimana caranya mengatasi masalah ini? Kalo lo emang termasuk orang yang pemalu banget, beberapa masukan di bawah ini mungkin akan dapat membantu lo untuk menjadi lebih percaya diri. Cekidot!

  1. Kenali diri sendiri

Salah satu sebab kenapa lo susah percaya diri itu adalah karena lo nggak kenal sama diri lo sendiri. Lo nggak tahu kelebihan lo di mana, lo nggak ngerti hobi lo apa, akhirnya lo ngerasa minder. Coba deh, cari waktu untuk merenung dan menuliskan semua kesukaan lo di notes atau diary. Dari situ biasanya lo akan mulai mengenal ke arah mana sebenernya lo bakal berkembang.

  1. Kembangin potensi lo

Ini masih berkaitan sama poin nomor 1 tadi. Kalo lo udah tahu di mana lo bakal berkembang, coba deh lo mulai lebih rajin mengembangkan minat lo itu. Misalnya, lo jagonya main Mobile Legend atau PUBG, ya lo latihlah kemampuan lo sampai bisa bertanding di turnamen internasional. Nggak usah repot sama omongan-omongan orang, pede aja, jaman sekarang selfie sama main game juga bisa dapet duit.

  1. Nggak usah ngarep sempurna

Sob, kagak ada orang yang sempurna. Lo HARUS belajar untuk jadi lebih baik, tapi jangan sampai berambisi mengincar kesempurnaan. Lo akan tertekan kalo terus-menerus ngejar jadi manusia sempurna. Nggak akan bisa. Terima kekurangan lo dan cari cara untuk menutupnya dengan potensi lo yang jauh lebih besar.

  1. Berpikir positif

Ini penting: jangan suka suuzon alias berprasangka jelek. Sama orang lain, sama keadaan, pokoknya jangan. Kenapa? Soalnya, pikiran negatif kayak gini bisa bikin lo jadi kehilangan kepercayaan diri. Itu juga bakal ngedorong lo untuk bersikap buruk dan akhirnya menghilangkan peluang lo untuk ngembangin potensi. Cobalah untuk selalu berpikir positif bahkan pada keadaan yang paling sulit, sebab itu akan memberikan energi positif untuk diri lo.