Sering Insomnia? Ikuti 6 Trik Ini Supaya Kamu Tertidur Lebih Nyenyak!

Insomnia, lo mungkin udah nggak asing sama istilah ini. Insomnia itu adalah kondisi di mana lo susah tidur atau malah nggak tidur sama sekali. Faktornya bisa macam-macam, tapi faktor yang paling sering memicu insomnia adalah stres. Nggak heran, insomnia ini biasanya nyerang pelajar atau pekerja yang punya tugas numpuk.

Eh, tapi nggak cuma itu aja. Ada beberapa faktor lain yang juga bisa memicu insomnia. Gaya hidup, misalnya. Kalo lo suka ngerokok, minum minuman beralkohol, nggak pernah olahraga, peluang lo kena insomnia juga gede, ‘tuh.

Yang paling berbahaya sebenernya adalah ketika lo ngerasa bahwa insomnia itu normal. Kacau nih. Kalo dibiarin, insomnia atau kesulitan tidur bisa bikin penyakit. Penyakitnya juga nggak maen-maen, lho! Contohnya seperti diabetes, kanker, penurunan memori pada otak, gangguan jantung, sampai obesitas.

Makanya, penting banget bagi lo untuk tahu soal ini. Nggak ada yang mau waktu mudanya cuma diisi sama sakit-sakitan. Nah, sebelum insomnia jadi bagian hidup lo, coba cegah dengan cara-cara berikut ini:

  1. Memajukan waktu tidur satu atau dua jam lebih awal

Kalo lo punya kebiasaan tidur terlalu malem, coba deh lo mulai ubah kebiasaan itu. Caranya ya dengan memajukan jam tidur lo. Dengan cara ini, lo bakalan dapet waktu tidur yang lebih banyak. Tidur lo juga diharapkan lebih berkualitas. Lakukan secara bertahap kalo masih kerasa susah. Kalo misalnya lo terbiasa tidur jam 12, coba untuk tidur jam 11. Kalo nanti udah terbiasa tidur jam sebelas, majuin lagi jamnya jadi jam 10. Begitu seterusnya.

  1. Matiin lampu

Tertidur dalam keadaan lampu masih menyala akan mempersulit lo untuk memejamkan mata lebih cepat. Cahaya lampu bakalan bikin mata lo menangkap lebih banyak informasi, sehingga otak lo juga bakalan lebih banyak beraktivitas. Itulah kenapa kurang bagus tidur dengan lampu yang masih menyala.

  1. Bersihin tempat tidur lo

Tempat tidur yang nyaman dan bersih penting buat menunjang aktivitas tidur yang berkualitas. Lo jangan remehin ini. Kebas tempat tidur lo pake sapu lidi, kemudian rapikan sprei yang mulai berantakan. Kalo bisa malah sejam atau dua jam sebelum tidur lo udah beberes. Tempat tidur yang enak adalah kunci tidur yang enak juga.

  1. Jangan makan sebelum tidur

Penting, ‘nih! Lo tau gak, sih? Makanan yang masuk itu pasti akan langsung diproses sama perut lo, jadi nggak ada istilah ditampung dulu sampe besok baru diproses. Lo pikir kulkas? Itu artinya, kalo lo ngemil pas banget sebelum saatnya tidur, perut lo bakalan sibuk lagi, padahal udah saatnya beristirahat. Ini bisa menyebabkan tidur lo jadi terganggu. Jadi, hindari deh makan pas sebelum tidur.

  1. Jauhi TV dan gadget sebelum pergi tidur

TV dan gadget bisa membuat lo lupa waktu. Selain itu, sama seperti lampu, cahaya dari TV dan gadget nggak sehat buat mata lo, khususnya di saat-saat mata lo seharusnya beristirahat. Tahan diri lo dari stalking gebetan sebelum tidur, deh. Gebetan, ‘kan, bisa ketemu lagi esok hari. Jangan gadaikan kesehatan tidur lo buat gebetan, oke?

  1. Jangan olahraga sebelum tidur

Waktu terbaik buat olahraga itu ya pagi-pagi atau sore-sore. Di saat itu, tubuh lo bakalan ngelepas hormon stres, sehingga saat malam tiba, lo akan lebih mudah terlelap.