Kenali 5 Ekskul Anti Mainstream yang Bisa Jadi Alternatif Buat Mengasah Hobi Lo!

Lo semua udah tahu apa itu ekskul. Tujuan ekskul itu bukan untuk iseng-iseng, tapi emang buat wadah ngembangin wawasan, membentuk pribadi, dan karakter lo sebagai siswa. Lo punya bakat dan passion? Ekskul ini yang sebenernya bisa jadi tempat buat lo mengekspresikan diri.

Lo mungkin beranggapan kalau ekskul yang ada di sekolah-sekolah itu membosankan. Mungkin karena ekskulnya cuma gitu-gitu aja, jadinya lo nggak merasa passion lo bisa tersalurkan. Tapi, sebenernya, lo bisa aja sih bikin ekskul yang emang lo banget, yang anti-mainstream gitu. Faktanya, ada banyak siswa yang bikin ekskul-ekskul baru di lingkungan sekolah mereka, kok.

Nah, biar lo kebayang, kita akan merangkum tentang ekskul-ekskul langka yang bisa jadi alternatif pilihan buat lo yang ngerasa ekskul cuma gitu-gitu doang. Yuk, simak daftarnya!

  1. Ekskul Komik/Manga

Lo tahu gak, sih, kalau saat ini komik sedang digandrungi para remaja di Indonesia? Industri komik itu lagi gila-gilanya semenjak munculnya aplikasi-aplikasi komik online kayak LINE Webtoon dan CIAYO Comics. Baca komik favorit jadi semakin mudah. Lo nggak perlu lagi repot-repot ke toko buku buat dapetin komik-komik keren. Nggak heran, sekarang banyak bermunculan komikus-komikus Indonesia yang suksesnya bisa nyaingin orang-orang kaya di kota besar.

Nah, kalo lo suka banget gambar-gambar dan bikin komik, coba ajuin bikin ekskul komik! Ini bakalan membantu lo untuk mendalami minat dalam berkomik. Lo bahkan bisa meyakinkan orangtua lo kalo bikin komik itu sekarang bukan lagi cuma sekadar hobi, tetapi jadi profesi masa depan.

  1. Berkuda

Lo ngerasa kalau berkuda itu keren? Ngerasa kayak ksatria? Atau lo ngerasa kalau berkuda itu adalah olahraga yang elegan? Udah, langsung aja ajuin kalo lo pengen bikin ekskul berkuda. Jangan salah, di Indonesia sendiri ada SMA yang punya ekskul berkuda, lho. Namanya SMA Sinar Cendekia, ini cuma satu dari sedikit SMA di Indonesia yang punya ekskul berkuda. Keren banget, ‘kan? Coba lo studi banding, deh. Barangkali lo bisa juga bikin ekskul berkuda di sekolah lo.

  1. Beladiri Wing Chun

Ekskul beladiri mungkin udah biasa. Taekwondo, Karate, Tarung Derajat, dan Silat adalah jenis ekskul beladiri yang paling sering ada di sekolah lo. Tetapi, gimana kalo misalnya beladirinya agak sedikit anti mainstream, seperti Wing Chun? Keren banget, sob. SMA Kolesse De Britto di Yogyakarta adalah salah satu sekolah di Indonesia yang ngadain ekskul ini. Lo bakalan bisa ngikutin gerakan-gerakan beladirinya Master Ip Man. Selain menyehatkan, siapa tahu lo bisa jadi bintang film laga dari Indonesia :D

4 & 5. Broadcasting dan Video Editing

Lo lihat aja, sekarang banyak orang yang jadi Youtubers. Berkarya lewat Youtube ini sebenernya bisa jadi awalan untuk profesi broadcasting, lho.

Nah, jadi coba lo bikin ekskul broadcasting, deh. Selain lo akan dilatih jadi penyiar, lo juga bakalan belajar cara membuat konten video yang menarik. Lo juga bakalan belajar menggunakan software profesional, seperti Adobe Premiere atau Adobe After Effect. Ini bisa bermanfaat banget kalau lo berencana bekerja jadi video editor, lho.

Jangan salah, profesi broadcaster dan video editor itu sama kayak jurnalis, nggak akan pernah habis selama teknologi visual masih hidup, sob!