Jangan Remehin Ekskul, Sob! Ini 5 Ekskul yang Bisa jadi Prospek buat Masa Depan Lo

Ciyeee yang udah masuk SMA. Gimana hari-hari pertama lo di SMA, Sob? Setelah menjalani MOS (Masa Orientasi Siswa) dan perkenalan dengan guru-gurunya, biasanya lo bakal diminta buat mendaftar kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang ada di sekolah lo. Lo jangan berpikir kalo kegiatan ekskul ini cuma buang-buang waktu ya, karena ada banyak manfaat yang bisa lo dapet dari ekskul.

Nah, buat lo yang lagi bingung mau masuk kegiatan ekskul apa, 5 kegiatan ini bisa jadi saran buat lo.

Fotografi

Lo pasti sering liat akun-akun Instagram yang followers-nya ribuan kan? Ada 1 penyebab utama kenapa akun-akun selebgram itu bisa di-follow ribuan orang (selain beli followers, hehe). Akun-akun itu punya konten menarik, entah postingan yang kocak, tampang yang kece, atau postingan foto yang keren. Jadi, di ekskul fotografi ini lo bisa belajar gimana bikin feed Instagram yang menarik biar di-follow banyak orang :D

Selain itu, fotografi juga bisa jadi keterampilan buat pekerjaan. Lo bisa jadi fotografer, baik itu fotografer yang buka usaha sendiri atau yang bekerja di dalam perusahaan. Keterampilan fotografi juga bakal jadi poin plus buat lo yang pengen jadi content writer atau copywriter, desainer grafis, atau social media specialist. Kerjaan-kerjaan kekinian gitu yekan? :)

Jurnalistik atau Majalah Dinding

Lo tau nggak sih, kemampuan menulis itu jadi salah satu kemampuan yang penting banget buat masa depan lo! Dari bikin CV sama surat lamaran aja, lo butuh kemampuan menulis. Kalo CV atau surat lamaran aja berantakan, bisa-bisa lo langsung didepak sebagai kandidat karyawan. Dengan menulis, lo juga bisa jadi blogger, content writer, copywriter, public relations (humas), jurnalis, sampai seleb Instagram & Twitter hehe.

Selain itu, ekskul mading itu juga melatih lo buat bekerja di dalam tim, ini bagus buat simulasi sebelum masuk dunia kerja di masa mendatang. Lo juga akan belajar buat berani ngomong di depan orang asing karena lo akan ditugaskan buat wawancara, meskipun kecil-kecilan.

Pecinta Alam

Ekskul pecinta alam ini penting banget buat lo yang suka jalan-jalan atau traveling. Di dalam ekskul pecinta alam, lo akan belajar buat mencintai alam. Jadi ketika lo nanti jalan-jalan ke suatu tempat, lo nggak akan buang sampah sembarangan tuh. Lo juga bakal lebih respect sama alam, misalnya nggak memetik bunga atau buah sembarangan.

Seni Musik (Band)

Lebih tepatnya adalah belajar memainkan gitar. Gitar itu alat musik yang berguna banget di mana pun. Lo bisa jadi personil grup band, bisa jadi pemain musik gereja (buat lo yang Kristen atau Katolik), atau sekedar buat nyanyi rame-rame saat lo lagi jalan-jalan atau camping sama temen-temen lo. Wah, lo bakal gampang deket sama cewek nih :D

Seni Tradisional

Kegiatan ekskul seni tradisional yang biasanya banyak di sekolah adalah karawitan, angklung, dan tari tradisional. Mau tau kenapa ekskul ini penting banget buat masa depan lo? Supaya di masa depan, saat negeri dilanda modernisasi, lo sebagai generasi penerus bangsa ini nggak melupakan kebudayaan daerah. Atau ketika lo jalan-jalan ke luar negeri, lo bisa nunjukkin kesenian khas Indonesia dan bikin negara kita makin dikenal di dunia internasional!

Gimana, sejauh ini mau masuk kegiatan ekskul apa?