Perluas Pergaulan Lo! 5 Tips PDKT Sama Senior Ini Bakal Bermanfaat Banget Buat Lo

Kayak lo sebaiknya harus kenal sama tetangga-tetangga rumah lo, di sekolah pun begitu. Selain kenal sama temen-temen seangkatan lo, ada baiknya lo juga menjalin pergaulan sama kakak-kakak senior. Selain membangun jaringan, mereka yang udah lebih dulu ada di sekolah atau kampus tentunya bisa ngasih tips dan trik mujur buat kehidupan lo bersekolah. Baik itu soal akademis maupun non-akademis (organisasi sekolah).

Karena mereka lebih tua, dan kadang juga agak-agak belagu sama juniornya, kenalan sama senior itu agak beda dengan kenalan sama temen angkatan. Terus gimana caranya?

Dimulai Dari MOS atau Ospek

Momen pertama lo berjumpa dengan senior adalah saat Masa Orientasi Siswa (MOS) atau ospek. Karena jumlah murid baru atau mahasiswa baru itu ada ratusan bahkan ribuan, mereka nggak akan bisa langsung hafal nama atau muka lo. Makanya, dari sejak momen ini, lo harus mulai menonjol. Lo bisa menonjol dengan aktif jawab pertanyaan, aktif jadi sukarelawan, atau ngerjain tugas dengan maksimal. Walaupun mereka bisa lupa nama lo, minimal mereka akan inget wajah lo.

Aktif Berorganisasi

Momen selanjutnya lo ketemu sama senior adalah di organisasi sekolah atau kampus, misalnya OSIS, Paskibra, kegiatan ekstrakurikuler (sekolah) atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HIMA (Himpunan Mahasiswa), dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Senior yang udah biasa lo liat saat MOS atau ospek bisa jadi juga ada di organisasi-organisasi itu, jadi makin gampang buat temenan.

Ajak Kenalan dan Ngobrol Ringan

Saat lo dan para senior lagi ikutan kegiatan-kegiatan di poin kedua di atas, pelan-pelan lo ajak ngobrol terus kenalan deh. Lo bisa mulai ajak ngobrol saat mereka lagi sendirian. Topik yang bisa lo obrolin ya soal organisasi atau ekskul kalian itu, sukur-sukur kalo kalian punya posisi yang sama, misalnya sama-sama divisi anu, sama-sama gelandang, sama-sama sekretaris, atau sama-sama jomblo #eh.

 

Sapa dan Senyum

Nah, kalo lo udah familiar sama beberapa senior (dan mereka juga udah familiar sama muka lo), jangan sungkan buat menyapa saat kalian papasan di jalan, di koridor, atau di kantin sekolah / kampus. Sebut namanya dengan sopan sambil tersenyum simpul. Kalo dia terus berhenti, nah ini kesempatan buat sekedar berbasa-basi nanya, “Dari mana? Mau ke mana? Sama siapa? Berbuat apa?” (Lah, kok jadi posesif gini ya, hehe).

Tanyain Akun Media Sosialnya

Kalo udah sering ketemu, udah sering ngobrol, nggak ada salahnya lo tanyain akun media sosialnya. Bisa dimulai dari Instagram, atau LINE. Kalo udah deket banget, atau kalian bakal sering kontak-kontakkan buat kerjasama, lo bisa minta nomor hape atau Whatsapp-nya.

Jangan pelit Like dan Comment buat postingan-postingan dia di medsos, itu bisa jadi bahan obrolan lagi kalo kalian ketemu.

Semoga berhasil PDKT sama senior lo ya :D