5 Jurusan Kuliah Terbaik Buat Anak IPA (Lengkap dengan Prospek Kerja)

Ciyee yang lagi galau milih jurusan kuliah buat SBMPTN. Milih jurusan itu emang galauable sih. Kita harus pilih jurusan yang kita bisa, kita suka, sekaligus punya prospek kerjaan yang bagus. Kira-kira apa aja ya jurusannya?

Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Kalau lo merasa anak IPA banget, jurusan MIPA ini seharusnya jadi pilihan yang paling utama. Atau minimal jadi pilihan kedua deh. Di jurusan ini, logika dan kemampuan berhitung lo bakal ditempa lebih jauh lagi, bahkan bakal dipraktekkin secara nyata. Setelah lulus kuliah MIPA, lo bisa kerja di laboratorium atau lembaga kesehatan gitu, guys.

Teknik Elektro

Teknik elektro ini sering disebut juga dengan nama teknik listrik. Anak-anak IPA yang suka banget sama hal-hal berbau elektronika, wajib masuk ke jurusan ini. Jangan salah, ini juga salah satu jurusan yang paling banyak dibutuhin ketika udah lulus nanti, lho. Bukan, bukan cuma jadi pegawai PLN, kok. Pembuatan sistem radar, smartphone, komputer, kendaraan listrik, semuanya perlu keterampilan anak-anak lulusan teknik elektro.

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Suka pelajaran komputer? Suka belajar bahasa pemrograman? Udah, nggak usah mikir lagi, langsung masuk jurusan informatika. Di sini, lo bakal belajar cara membuat program buat berbagai macam perangkat. Bikin web, bikin aplikasi android, bikin game, bikin aplikasi perkantoran, semua akan dipelajari di jurusan informatika. Dan jangan salah, ilmu komputer dan teknik informatika adalah salah satu jurusan yang paling dibutuhin di Indonesia, apalagi dengan maraknya smartphone Android. Bakal gampang dapat kerja, deh.

Kedokteran

Kalau jurusan yang satu ini sih udah nggak heran lagi ya. Lo nggak perlu memertanyakan prospek jurusan ini, karena semua orang pasti butuh dokter. Tantangannya adalah lo harus siap mental, karena lo akan belajar bertanggung jawab dengan nyawa dan kesehatan orang lain. Itulah kenapa jurusan kedokteran sekolahnya lama, karena ini adalah tempatnya anak-anak yang emang punya dedikasi tinggi buat menolong orang lain.

Desain Komunikasi Visual

Et et, jangan salah, jurusan ini juga populer di kalangan anak IPA karena pada kenyataannya ada banyak anak IPA yang suka desain. Jadi nggak salah juga sih kalo lo pilih jurusan ini. Di jurusan ini, lo nggak cuma belajar soal teknik dan perhitungan menggambar, tetapi juga belajar cara berkomunikasi dengan orang lain lewat media visual. Nah, kalo lo suka sama hal-hal berbau desain, pengen bisa bikin iklan yang viral senusantara raya, pengen bisa bikin konten media sosial yang diinget-inget orang, jurusan DKV bisa jadi pilihan yang tepat.

Jadi, udah ketemu pilihan lo?