5 Pilihan Liburan Sekolah Tanpa Traveling

Libur panjang sekolah kayak gini emang serunya dipake buat jalan-jalan ke mana gitu sih, sob. Lumayan buat stok foto Instagram setahun. Eh tapi kalo nggak ada duit, salam tempel juga udah habis, gimana dong?

Aktif di Komunitas

Mau komunitas dance, cosplay, fotografi, berkebun, atau apapun itu yang berfaedah, nggak perlu banyak biaya, dan bisa bikin lo sibuk seharian. Selain bisa melakukan hal yang lo suka rame-rame, lo juga bisa nambah temen dari temen-temen sesama komunitas. Siapa tau dari temen jadi demen.

Berkarya Sesuai Hobi

Hampir sama kayak poin pertama, bedanya di sini lo ngelakuin sendirian atau bareng temen-temen deket yang udah lo kenal. Kalo lo suka nggambar, lo bisa bikin proyek komik misalnya. Atau kalo lo suka foto-foto, coba blusukan buat mengasah insting fotografi dan teknik yang udah lo kuasai. Kalo hobinya cuma nonton film atau dengerin musik doang? Coba deh tulis review-nya di blog atau forum online.

Ikut Kursus Singkat

Nah, kalo lo pengen mendalami hal yang lo suka, atau tertantang belajar sesuatu yang baru, ikut kursus aja sob. Lo bisa kursus bahasa, dance, nyanyi, modelling, atau apapun yang nggak bisa lo ikuti sehari-hari. Emang bayar sih, tapi kalo keperluannya buat kursus atau les, biasanya mama papa mau buat bayarin hihi.

Bantu-Bantu Bisnis Keluarga

Tips yang satu ini khusus buat lo yang punya bisnis keluarga, kayak usaha warung atau toko, rumah makan, hotel, peternakan, perkebunan, dan sebagainya. Kalo sehari-hari lo hanya sibuk sekolah atau kuliah, maka sekarang saatnya lo kenali bisnis keluarga lo lebih lanjut. Bantuin jaga warung atau toko, misalnya. Selain bisa lebih mengenali keluarga lo sendiri, cara ini juga bakal ngasih banyak pelajaran sama pengalaman baru buat lo.