Sering Ngerasa Malas? Baca ini Biar Lo Sadar Kalau Kemalasan Menahan Kesuksesan Lo!

Lo sering nggak sih ngerasa panas saat melihat orang lain sukses? Nggak usah jauh-jauh, deh. Bayangin aja kalo sahabat lo sukses dapat beasiswa atau saat dia sukses dapat pacar yang cantik dan pinter. Rasanya bakalan asin banget di hati lo, kan? Yes, itu alami, sob. Nggak ada yang salah sih dengan itu. Yang salah adalah kalo lo cuma diem-diem aja dan menyimpan kedengkian sama orang yang udah sukses. Sebenernya lo juga pengen sukses kayak temen lo itu, tapi lo nggak ngapa-ngapain. Nah, ini yang bahaya. Kebiasaan jelek sebagian masyarakat kita itu adalah terlalu sering menyaksikan kesuksesan orang lain, tetapi lupa sama perihnya perjuangan di balik kesuksesan itu. Artinya apa? Lo itu lebih sering melihat pencapaian orang ketimbang usahanya. Akibatnya, lo lebih asik bermimpi ketimbang berbuat. Padahal, di balik setiap kesuksesan itu pasti ada kucuran keringat yang nggak terhitung. Nggak cuma keringat, airmata juga mungkin mengiringi perjuangan orang-orang sukses. Sodara lo mungkin bisa dapat beasiswa karena dia belajar keras. Temen sebangku lo mungkin bisa dapat pacar cantik karena dia berusaha untuk meningkatkan kualitas diri. Jadi, setiap kesuksesan itu ada usahanya. Coba lo renungin lebih dalam lagi. James Watt, misalnya, penemu lampu. Berapa kali dia melakukan percobaan? 999 kali! Dari 1.000 kali percobaan, barulah dia menemukan trik yang tepat buat bikin lampu yang tahan lama. Lo bayangin, deh ... kalau dia menyerah, kita mungkin bakalan tetep pake lilin sama obor buat penerang di malam hari. Pertanyaannya: lo udah melakukan usaha sejauh apa untuk sukses? Sukses itu hasil, usaha itu proses. Apa yang udah lo lakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik? Sebenernya, lo nggak perlu menekuni semua hal, tetapi lo harus punya satu minat yang bisa bikin lo mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Misalnya, lo suka gambar, ya lo harus tekunin itu sampe lo bisa jadi komikus atau pelukis! Konsultasi sama guru kesenian lo, latihan terus, lo lakukan itu sampai lo mendapatkan sukses versi lo! Gitu, lho. Jadi, bagi lo yang masih suka malas-malasan, percayalah ... hidup lo bakalan susah. Lo pikir orang sesukses Young Lex atau Awkarin itu bisa santai-santai sekarang karena mereka pemalas? Sob, mereka bisa sukses dan jadi selebgram kayak sekarang itu karena mereka dulunya berusaha keras buat jadi lebih baik! Lo suka ataupun nggak suka sama mereka, lo nggak akan bisa membantah kalo mereka bekerja keras, Sob. Mereka aja yang udah sesukses itu ternyata juga butuh usaha, apalagi kita yang bukan siapa-siapa. Bangkit, Sob! Jangan males! Lo males, lo kegiles!
+

Susah Konsentrasi? Coba 5 Cara Ini Biar Lo Makin Fokus, Sob

Lo pernah nggak sih ngerasa susah banget berkonsentrasi? Katakanlah lo harus menghadapi ulangan esok hari, tetapi saat lo belajar nggak ada yang bisa masuk ke otak. Rasanya nyebelin dan bikin pusing banget, kan? Bukan cuma bikin pusing, tetapi itu bakalan berpengaruh ke nilai-nilai pelajaran lo di sekolah. Nah, Hexos punya beberapa tips nih, Sob! Barangkali, beberapa tips ini bisa membantu lo mengatasi masalah susah konsentrasi. Penasaran? Simak cara-caranya di bawah ini! Jangan melakukan banyak hal sekaligus! Satu-satu, dong, Sob! Ngerjain banyak hal sekaligus emang mungkin bisa membuat lo lebih cepat menyelesaikan tugas, tetapi kebiasaan ini sebenarnya justru jadi masalah untuk orang-orang yang susah berkonsentrasi. Tenangkan pikiran lo, kerjakan semuanya secara berurutan, jangan sekaligus. Satu tugas selesaikan terlebih dahulu, baru tugas yang lain. Fokus, Sob. Melakukan pekerjaan satu demi satu  akan membantu lo untuk bisa lebih fokus saat bekerja. Olahraga ringan Lo mungkin berpikir bahwa berolahraga akan membuat lo capek dan susah berkonsentrasi. Akan tetapi, studi menemukan bahwa olahraga sangat berperan penting bagi kesehatan otak dalam jangka waktu panjang. Gak perlu lama-lama. 15-30 menit setiap hari juga udah cukup, kok. Olahraganya juga nggak perlu yang terlalu berat, senam itu juga olahraga, lho. Istirahat bentar kalo udah ngebul Semakin lama lo memaksa diri lo untuk mengerjakan sesuatu, otak lo akan semakin capek. Jangan paksain, Sob. Lo perlu menyeimbangkan kegiatan lo sama istirahat. Coba tidur sebentar kalo lo ngerasa kepala lo ngebul. Nggak usah lama-lama, 5-10 menit itu juga udah cukup buat bikin otak lo ngerasa lebih fresh. Meditasi Meditasi juga bisa bikin konsentrasi lo pulih. Tarik napas, duduk bersila, tenang, pejamkan mata, terus keluarin napas lo secara perlahan-lahan. Pikirin hal-hal menyenangkan dalam hidup lo. Lakuin itu selama 10-20 menit dalam sehari bisa membantu pikiran lo kembali tenang dan fokus. Lakuin pas mau tidur dan pas bangun tidur. Isi perut lo, jangan dibiarin laper Bener kata orang, lo itu jadi ngaco kalo laper. Laper emang faktanya adalah salah satu faktor kita jadi susah konsentrasi. Kalo lo emang ngerasa laper di saat lo harus melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi, seperti belajar, makan dulu. Ngemil aja kalau lo males makan nasi. Yang penting, perut lo nggak kosong dan otak lo punya “bensin” untuk berpikir lebih keras.
+

Ekspresikan Diri Lo! Ikuti Tips Ini Biar Lo Semakin Percaya Diri

Jadi pemalu itu emang susah, Sob. Kita ngerti perasaan lo. Orang yang pemalu itu susah untuk mengekspresikan diri, jadi suka kurang pede kalo misalnya disuruh melakukan sesuatu yang kelihatan sama banyak orang. Sebenernya jadi orang pemalu itu nggak salah. Itu alami, men. Akan tetapi, kalo lo nggak punya kepercayaan diri sama sekali, itu bakal jadi masalah buat lo nantinya. Apalagi saat lo udah lulus sekolah dan harus kerja. Malu itu natural, tapi percaya diri juga harus diasah. Terus gimana caranya mengatasi masalah ini? Kalo lo emang termasuk orang yang pemalu banget, beberapa masukan di bawah ini mungkin akan dapat membantu lo untuk menjadi lebih percaya diri. Cekidot! Kenali diri sendiri Salah satu sebab kenapa lo susah percaya diri itu adalah karena lo nggak kenal sama diri lo sendiri. Lo nggak tahu kelebihan lo di mana, lo nggak ngerti hobi lo apa, akhirnya lo ngerasa minder. Coba deh, cari waktu untuk merenung dan menuliskan semua kesukaan lo di notes atau diary. Dari situ biasanya lo akan mulai mengenal ke arah mana sebenernya lo bakal berkembang. Kembangin potensi lo Ini masih berkaitan sama poin nomor 1 tadi. Kalo lo udah tahu di mana lo bakal berkembang, coba deh lo mulai lebih rajin mengembangkan minat lo itu. Misalnya, lo jagonya main Mobile Legend atau PUBG, ya lo latihlah kemampuan lo sampai bisa bertanding di turnamen internasional. Nggak usah repot sama omongan-omongan orang, pede aja, jaman sekarang selfie sama main game juga bisa dapet duit. Nggak usah ngarep sempurna Sob, kagak ada orang yang sempurna. Lo HARUS belajar untuk jadi lebih baik, tapi jangan sampai berambisi mengincar kesempurnaan. Lo akan tertekan kalo terus-menerus ngejar jadi manusia sempurna. Nggak akan bisa. Terima kekurangan lo dan cari cara untuk menutupnya dengan potensi lo yang jauh lebih besar. Berpikir positif Ini penting: jangan suka suuzon alias berprasangka jelek. Sama orang lain, sama keadaan, pokoknya jangan. Kenapa? Soalnya, pikiran negatif kayak gini bisa bikin lo jadi kehilangan kepercayaan diri. Itu juga bakal ngedorong lo untuk bersikap buruk dan akhirnya menghilangkan peluang lo untuk ngembangin potensi. Cobalah untuk selalu berpikir positif bahkan pada keadaan yang paling sulit, sebab itu akan memberikan energi positif untuk diri lo.
+

Sering Insomnia? Ikuti 6 Trik Ini Supaya Kamu Tertidur Lebih Nyenyak!

Insomnia, lo mungkin udah nggak asing sama istilah ini. Insomnia itu adalah kondisi di mana lo susah tidur atau malah nggak tidur sama sekali. Faktornya bisa macam-macam, tapi faktor yang paling sering memicu insomnia adalah stres. Nggak heran, insomnia ini biasanya nyerang pelajar atau pekerja yang punya tugas numpuk. Eh, tapi nggak cuma itu aja. Ada beberapa faktor lain yang juga bisa memicu insomnia. Gaya hidup, misalnya. Kalo lo suka ngerokok, minum minuman beralkohol, nggak pernah olahraga, peluang lo kena insomnia juga gede, ‘tuh. Yang paling berbahaya sebenernya adalah ketika lo ngerasa bahwa insomnia itu normal. Kacau nih. Kalo dibiarin, insomnia atau kesulitan tidur bisa bikin penyakit. Penyakitnya juga nggak maen-maen, lho! Contohnya seperti diabetes, kanker, penurunan memori pada otak, gangguan jantung, sampai obesitas. Makanya, penting banget bagi lo untuk tahu soal ini. Nggak ada yang mau waktu mudanya cuma diisi sama sakit-sakitan. Nah, sebelum insomnia jadi bagian hidup lo, coba cegah dengan cara-cara berikut ini: Memajukan waktu tidur satu atau dua jam lebih awal Kalo lo punya kebiasaan tidur terlalu malem, coba deh lo mulai ubah kebiasaan itu. Caranya ya dengan memajukan jam tidur lo. Dengan cara ini, lo bakalan dapet waktu tidur yang lebih banyak. Tidur lo juga diharapkan lebih berkualitas. Lakukan secara bertahap kalo masih kerasa susah. Kalo misalnya lo terbiasa tidur jam 12, coba untuk tidur jam 11. Kalo nanti udah terbiasa tidur jam sebelas, majuin lagi jamnya jadi jam 10. Begitu seterusnya. Matiin lampu Tertidur dalam keadaan lampu masih menyala akan mempersulit lo untuk memejamkan mata lebih cepat. Cahaya lampu bakalan bikin mata lo menangkap lebih banyak informasi, sehingga otak lo juga bakalan lebih banyak beraktivitas. Itulah kenapa kurang bagus tidur dengan lampu yang masih menyala. Bersihin tempat tidur lo Tempat tidur yang nyaman dan bersih penting buat menunjang aktivitas tidur yang berkualitas. Lo jangan remehin ini. Kebas tempat tidur lo pake sapu lidi, kemudian rapikan sprei yang mulai berantakan. Kalo bisa malah sejam atau dua jam sebelum tidur lo udah beberes. Tempat tidur yang enak adalah kunci tidur yang enak juga. Jangan makan sebelum tidur Penting, ‘nih! Lo tau gak, sih? Makanan yang masuk itu pasti akan langsung diproses sama perut lo, jadi nggak ada istilah ditampung dulu sampe besok baru diproses. Lo pikir kulkas? Itu artinya, kalo lo ngemil pas banget sebelum saatnya tidur, perut lo bakalan sibuk lagi, padahal udah saatnya beristirahat. Ini bisa menyebabkan tidur lo jadi terganggu. Jadi, hindari deh makan pas sebelum tidur. Jauhi TV dan gadget sebelum pergi tidur TV dan gadget bisa membuat lo lupa waktu. Selain itu, sama seperti lampu, cahaya dari TV dan gadget nggak sehat buat mata lo, khususnya di saat-saat mata lo seharusnya beristirahat. Tahan diri lo dari stalking gebetan sebelum tidur, deh. Gebetan, ‘kan, bisa ketemu lagi esok hari. Jangan gadaikan kesehatan tidur lo buat gebetan, oke? Jangan olahraga sebelum tidur Waktu terbaik buat olahraga itu ya pagi-pagi atau sore-sore. Di saat itu, tubuh lo bakalan ngelepas hormon stres, sehingga saat malam tiba, lo akan lebih mudah terlelap.
+

Kenali 5 Ekskul Anti Mainstream yang Bisa Jadi Alternatif Buat Mengasah Hobi Lo!

Lo semua udah tahu apa itu ekskul. Tujuan ekskul itu bukan untuk iseng-iseng, tapi emang buat wadah ngembangin wawasan, membentuk pribadi, dan karakter lo sebagai siswa. Lo punya bakat dan passion? Ekskul ini yang sebenernya bisa jadi tempat buat lo mengekspresikan diri. Lo mungkin beranggapan kalau ekskul yang ada di sekolah-sekolah itu membosankan. Mungkin karena ekskulnya cuma gitu-gitu aja, jadinya lo nggak merasa passion lo bisa tersalurkan. Tapi, sebenernya, lo bisa aja sih bikin ekskul yang emang lo banget, yang anti-mainstream gitu. Faktanya, ada banyak siswa yang bikin ekskul-ekskul baru di lingkungan sekolah mereka, kok. Nah, biar lo kebayang, kita akan merangkum tentang ekskul-ekskul langka yang bisa jadi alternatif pilihan buat lo yang ngerasa ekskul cuma gitu-gitu doang. Yuk, simak daftarnya! Ekskul Komik/Manga Lo tahu gak, sih, kalau saat ini komik sedang digandrungi para remaja di Indonesia? Industri komik itu lagi gila-gilanya semenjak munculnya aplikasi-aplikasi komik online kayak LINE Webtoon dan CIAYO Comics. Baca komik favorit jadi semakin mudah. Lo nggak perlu lagi repot-repot ke toko buku buat dapetin komik-komik keren. Nggak heran, sekarang banyak bermunculan komikus-komikus Indonesia yang suksesnya bisa nyaingin orang-orang kaya di kota besar. Nah, kalo lo suka banget gambar-gambar dan bikin komik, coba ajuin bikin ekskul komik! Ini bakalan membantu lo untuk mendalami minat dalam berkomik. Lo bahkan bisa meyakinkan orangtua lo kalo bikin komik itu sekarang bukan lagi cuma sekadar hobi, tetapi jadi profesi masa depan. Berkuda Lo ngerasa kalau berkuda itu keren? Ngerasa kayak ksatria? Atau lo ngerasa kalau berkuda itu adalah olahraga yang elegan? Udah, langsung aja ajuin kalo lo pengen bikin ekskul berkuda. Jangan salah, di Indonesia sendiri ada SMA yang punya ekskul berkuda, lho. Namanya SMA Sinar Cendekia, ini cuma satu dari sedikit SMA di Indonesia yang punya ekskul berkuda. Keren banget, ‘kan? Coba lo studi banding, deh. Barangkali lo bisa juga bikin ekskul berkuda di sekolah lo. Beladiri Wing Chun Ekskul beladiri mungkin udah biasa. Taekwondo, Karate, Tarung Derajat, dan Silat adalah jenis ekskul beladiri yang paling sering ada di sekolah lo. Tetapi, gimana kalo misalnya beladirinya agak sedikit anti mainstream, seperti Wing Chun? Keren banget, sob. SMA Kolesse De Britto di Yogyakarta adalah salah satu sekolah di Indonesia yang ngadain ekskul ini. Lo bakalan bisa ngikutin gerakan-gerakan beladirinya Master Ip Man. Selain menyehatkan, siapa tahu lo bisa jadi bintang film laga dari Indonesia :D 4 & 5. Broadcasting dan Video Editing Lo lihat aja, sekarang banyak orang yang jadi Youtubers. Berkarya lewat Youtube ini sebenernya bisa jadi awalan untuk profesi broadcasting, lho. Nah, jadi coba lo bikin ekskul broadcasting, deh. Selain lo akan dilatih jadi penyiar, lo juga bakalan belajar cara membuat konten video yang menarik. Lo juga bakalan belajar menggunakan software profesional, seperti Adobe Premiere atau Adobe After Effect. Ini bisa bermanfaat banget kalau lo berencana bekerja jadi video editor, lho. Jangan salah, profesi broadcaster dan video editor itu sama kayak jurnalis, nggak akan pernah habis selama teknologi visual masih hidup, sob!
+

Nggak Semangat Beraktivitas Pagi? Ini Lagu-lagu yang Bisa Menaikkan Semangat Pagi Lo!

Bangun di pagi hari mungkin merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang, apalagi kalau lo termasuk orang yang sering beraktivitas di malam hari. Udara pagi yang dingin akan membuat lo menjadi malas untuk membuka mata dan memulai rutinitas. Lawan, sob! Malas nggak bakal bikin lo jadi orang kaya, hehehe. Tapi, gimana kalo misalnya lo udah bangun pagi, tetapi tetep kerasa males? Nih, gue punya solusi buat lo. Nggak usah khawatir. Kali ini kita bakalan meringkas daftar lagu indie yang bisa membuat semangat lo kembali on di pagi hari. Jangan salah, lagu yang tepat bisa bikin suasana hati lo lebih nyaman. Penasaran? Yuk, simak daftarnya!   Banda Neira – Berjalan Lebih Jauh Lagu akustik dari band Indie asal Bandung ini memiliki tempo sedang dengan melodi sederhana, tetapi asyik di telinga. Petikan gitar akustik dari Ananda Badudu, ditambah dengan suara merdu dari Rara Sekar—yang merupakan kakak kandung Isyana Sarasvati—menghasilkan racikan sempurna yang dapat menggungah semangat lo di pagi hari. Liriknya juga nggak kalah keren, lho. Penasaran? Ini lirik yang ditulis sama Ananda Badudu. Bangun Sebab pagi terlalu berharga Tuk kita lewati dengan tertidur Bangun Sebab hari terlalu berharga Tuk kita lalui dengan bersungut-sungut   Banda Neira – Matahari Pagi Kalau lo pengen memulai hari dengan lagu bertempo lambat, tetapi bersemangat, lagu yang satu ini mungkin adalah lagu yang lo cari. Seperti biasa, duet Ananda Badudu dan Rara Sekar menghasilkan musik yang rasanya akan sulit untuk ditolak oleh telinga lo. Ini adalah cuplikan liriknya: Matahari pagi Hangat dan menerangi Dunia yang gelap Hati yang dingin Perlahan berganti, menjadi bahagia   Dialog Dini Hari – Pagi Dari judulnya saja pasti lo sudah bisa menebak apa isi lagu ini. Tembang akustik yang dinyanyikan oleh band Indie dari Bali ini merupakan lagu yang pas untuk ditambahkan di playlist lagu pagi kesukaan lo. Gak percaya? Coba deh baca liriknya Rimbun pohon menari Suaranya lembut berbisik Masihkah indah… indah Pagi jangan pergi Kutakut malam nanti ku masih sendiri Dan pagimu tak lagi indah   The Rembrandts – I’ll Be There For You Bagi lo yang menganggap kalau lagu dengan tempo mengentak-entak lebih cocok dimainkan pada pagi hari, mungkin lo akan menyukai lagu ini. Lagu bertempo upbeat dengan iringan gitar elektrik ini juga mempunyai lirik yang tak kalah keren. Pesannya sederhana, tapi cukup untuk membuat lo bersemangat dan tak menyerah! So no one told you life was gonna be this way Your jobs a joke, you broke, your love’s life D.O.A It’s like you’re always stuck in second gear But when it hasn’t been your day, your month, or even your year But I’ll be there for you   Lo punya playlist sendiri yang bisa ngebangkitin semangat lo? Ya nggak apa-apa! Itu malah bagus, artinya lo udah punya pilihan sendiri. Yang penting, pagi lo nggak diisi sama kemalasan. Tak ada alasan untuk tidak lagi bangun pagi dan memulai hidup yang lebih sehat dan bahagia. Segera bangun, dan putar lagu-lagu di atas sebagai teman di pagi hari untuk membangun kembali semangat yang kendur.
+