TIPS BERANI
#BUNYIKANSUARAMU

I'm Cool

    Hexos Reguler dengan rasa Barley mint dengan aroma dan kesegaran Barley yang khas, cocok banget buat Hexsob yang cool!

I'm Original

    Hexos Reguler dengan rasa mint yang original dan segar. Pas banget buat Hexsob yang selalu tampil original atau apa adanya!

I'm Active

    Hexos Reguler yang satu ini mempunyai rasa Lemon yang menyegarkan yang cocok banget buat Hexsob yang super aktif!

View More Product

Mudah Stres, Baca 3 Tips Ini Agar Lo Tetap jadi Remaja yang Positif

Lo pernah ngerasa pusing banget, nggak? Bukan pusing sakit kepala, ya. Tapi pusing nggak bisa konsentrasi, nggak ada mood untuk beraktivitas, dan ngerasa pengen marah atau nangis. Kalo pernah, berarti lo sama kayak gue.

Gue pernah ngalamin itu sampe curhat ke nyokap. Sebenernya gue ini kenapa? Gue udah nyoba main keluar rumah, tapi nggak terlalu berpengaruh. Perasaan gue masih tetep nggak karuan dan rasanya pengen marah-marah terus. Akhirnya, nyokap gue ngasih tahu jawabannya. Ternyata, gue cuma lagi stres.

Iya, itu masalahnya. Stres. Ada sesuatu yang gue pikirin terus-terusan, tapi gue nggak bisa menyelesaikan masalah itu sendirian. Akibatnya, semangat gue menurun dan pikiran gue jadi nggak fokus.

Terus, karena khawatir, nyokap gue akhirnya nanya, “Exel! Kamu lagi mikirin apa sih, sebenernya? Itu yang bikin kamu stres. Jangan ditutup-tutupin, dong!” Pertanyaan itu langsung membuat gue merenung. Bener kata nyokap, gue kayaknya emang menyembunyikan masalah dari semua orang. Setelah ditanya begitu, satu jawaban langsung terbesit dalam benak gue.

Dan masalah itu adalah … gue ditolak cewek. Hahahahaha. Aduh, koplak banget, ya.

Iya, gara-gara ditolak cewek gue jadi stres. Karena, jujur aja, itu adalah pertama kalinya gue ditolak. Setelah gue menceritakan yang sebenernya, gue dijitak sama nyokap (nggak keras, jitakan bercanda). Kata beliau, “Yaelaaaaaah, ketek lo masih bau bedak bayi udah stres gara-gara cewek!” Kesannya kayak diomelin, tapi abis itu nyokap ketawa dan ngasih solusi, kok.

Jadi, kata nyokap gue, anak-anak seumuran gue tuh emang rentan banget sama stres. Anak-anak remaja, lah. Nah, kalo lo punya masalah yang sama kayak gue alias gampang stres karena suatu masalah, nyokap gue punya beberapa tips buat lo. Jadi, ini yang seharusnya kita lakukan kalo lagi banyak beban pikiran:

  1. Move on

Susah, sih. Tapi susahnya awal-awal doang. Kalo lo punya masalah di masa lalu, jangan dipikirin berlarut-larut, Sob. Makan hati. Ini juga termasuk faktor terbesar kenapa gue jadi stres: karena gue nggak mau move on. Setelah gue berhasil melupakan doi, ya biasa aja jadinya, malah jadi bahan bercandaan gue sama nyokap.

 

  1. Curhat

Ini juga penting, Sob. Kalo lo punya masalah, curhat deh sama orang yang paling lo percaya. Jangan biarkan diri lo memikirkan masalah sendirian. Lo inget istilah “manusia adalah makhluk sosial”, kan? Itu beneran, lho. Kita emang butuh orang lain buat menyelesaikan masalah.

 

  1. Hindari suuzon alias prasangka buruk

Poin yang ketiga ini juga penting. Kalo lo terus-terusan berprasangka jelek sama orang lain, bakalan susah deh lo move on dari masalah. Jangan berpikir berlebihan, karena orang lain mungkin nggak seperti yang lo duga. Lagipula, prasangka buruk itu dosa, Sob. Jangan, ya.

+

Suka Nulis Cerita? Ikuti 3 Cara Ini Biar Skill Lo Nggak Kalah Sama Novelis Terkenal

Sob, gue mau cerita dikit, nih. Beberapa tahun yang lalu, gue pernah nonton film di bioskop. Sebut saja film action. Filmnya emang seru banget, tapi ada satu masalah. Itu endingnya bikin gue kesel. Nggak puas lah, pokoknya.

Sepulang dari bioskop, gue kepikiran terus. Akhirnya, gue pun memutuskan untuk bikin ending versi gue sendiri! Ya, bisa dibilang gue bikin fan fiction gitulah.

Dari situ akhirnya gue belajar nulis sedikit demi sedikit. Tapi, susah juga, sih. Ternyata emang nulis cerita itu nggak gampang. Kadang gue kehabisan ide, kadang gue bingung nyari kosakata. Ah, pokoknya tulisan gue jadi banyak yang dibuang gara-gara gue nggak puas. Huhuhu.

Karena gue udah buntu banget, akhirnya gue mendatangi rumah tante. Kebetulan, tante gue ini kerja di penerbitan jadi editor. Gue belajar privat deh sama beliau. Dari situ, buanyaaaak banget ilmu yang gue dapat tentang menulis cerita. Ternyata emang nggak gampang, lo perlu banyak latihan buat bisa nulis cerita yang keren.

Setelah belajar selama beberapa minggu sama tante, gue akhirnya bisa menyelesaikan tulisan fan fiction gue. Hasilnya biasa aja, sih. Hahaha. Tapi, setidaknya, kata tante gue, tulisan gue udah memenuhi standar penulisan yang baik, kok. Kalo dilatih lagi, katanya gue bisa jadi novelis, lho.

Nahhhhh, Sob … gue yakin ada beberapa dari lo yang pengen jadi penulis juga. Mungkin pengen terkenal kayak Raditya Dika. Biar lo nggak bingung mulainya dari mana, gue mau ngasih tips, nih. Tips ini gue dapat pas belajar nulis sama tante. Ini dasar banget. Kalo lo udah nguasain ini, teknik-teknik yang lebih susah bisa lo kuasain juga.

Ini dia tips-tipsnya:

 

  1. Belajar EYD

Gue nggak perlu jelasin panjang lebar soal ini, lah. Lo semua belajar ini di pelajaran bahasa Indonesia. EYD itu Ejaan Yang Disempurnakan. Itu artinya, lo belajar tatacara nulis yang baik. Lo belajar kapan bisa menggunakan tanda titik, koma, huruf kapital, spasi, dan lain-lain. Ini WAJIB lo kuasai. Beli aja buku EYD di toko buku, banyak kok.

 

  1. Belajar bikin kalimat efektif

Yhaaa, ini lagi-lagi ada di pelajaran bahasa Indonesia. Tapi, serius, lho. Belajar EYD dan kalimat efektif itu adalah dasar wajib kalo lo pengen jadi penulis cerita sekelas Raditya Dika.

Kalimat efektif itu kalimat yang mudah dicerna, nggak bertele-tele, dan langsung ke intinya. Kalo mau belajar banyak soal ini, coba lo baca berita (koran atau media online). Soalnya, berita itu wajib pake kalimat efektif. Satu kalimat pendek-pendek, tapi intinya masuk ke otak.

 

  1. Bikin kerangka cerita

Kalo yang ini, masuknya udah ke teknik pembuatan cerita. Kerangka itu adalah gambaran besar cerita yang mau kita bikin. Jadi prolognya, isi ceritanya, konflik besarnya, sampai epilognya, semuanya udah kita bikin di awal-awal. Ibaratnya kayak bikin sketsa sebelum ngegambar gitulah.

Ini berguna banget biar lo nggak kehabisan ide. Karena lo udah tau endingnya mau ke mana, bakal ketemu masalah apa, sampe siapa-siapa aja karakter yang bakal muncul.

Itulah tadi tiga tips yang bisa gue bagiin biar lo jago nulis cerita. Gimana? Lo semakin tertantang untuk bisa ngalahin Raditya Dika? Belajar dari sekarang, Sob. Masih banyak waktu!

+

Ini Dia Aplikasi Smartphone yang Bikin Lo Tampak Ganteng Maksimal

Ngerasa muka lo kurang ganteng buat dipamerin? Nggak usah khawatir, soalnya bakalan muncul aplikasi yang bisa bikin lo lebih keren. Minimal di media sosial, deh. Hehehe.

Jadi, ceritanya, Adobe bikin aplikasi baru. Bisa dibilang aplikasi ini adalah adiknya Photoshop. Bedanya, aplikasi baru ini fokus di pengeditan foto selfie. Dengan program ajaib ini, lo nggak perlu lagi ngambil foto berkali-kali. Jepret sekali, Adobe Sensei beraksi, Song Jong Ki bakalan kalah ganteng.

Sebagaimana yang dikutip oleh media The Verge, aplikasi ini katanya pakai teknologi Artificial Intelligence (AI) atau robot pintar untuk mendeteksi di titik-titik mana muka lo bisa dibikin kelihatan lebih cakep. Bahkan, masalah-masalah lain seperti foto ngeblur juga bisa diatasi sama aplikasi ini.

Aplikasi ini katanya sih muncul karena masalah-masalah di kamera smartphone. Seperti yang kita tahu, nggak semua smartphone punya kualitas kamera yang sama. Akibatnya, ada beberapa handphone yang malah bikin foto selfie lo keliatan ringsek. Di sinilah Adobe mencoba memberi solusi. Dia pengen bikin foto apa pun, dari kamera apa pun, akan terasa keren.

Menurut Business Insider, aplikasi ini juga bisa ngilangin efek “membundar” pada foto selfie lo. Kan sering tuh, kalo lagi selfie, hasilnya muka kita kayak yang bulet banget. Ini akibat efek kamera yang berkualitas rendah tadi. Nah, aplikasi ini bakal bikin foto lo keliatan lebih natural. Jadi muka lo nggak bakal lagi keliatan lebih tembem.

Sampai detik ini, Adobe belum merilis nama resmi dari aplikasi pengganteng wajah ini. Akan tetapi, kabarnya aplikasi ini sedang terus dikembangkan dan dipersiapkan untuk dijual di pasaran. Saat ini, aplikasi masih dalam tahap alfa, yang artinya masih banyak error untuk diperbaiki.

Kalau programnya sudah sempurna, yakin deh, aplikasi ini bakalan laku keras! Orang-orang ganteng bakalan bertebaran di media sosial. Apalagi buat lo-lo semua yang udah berniat jadi selebgram dari awal. Lo kalahin Jojo deh, tuh!

Sumber: IDN Times

+

Sering Ngerasa Malas? Baca ini Biar Lo Sadar Kalau Kemalasan Menahan Kesuksesan Lo!

Lo sering nggak sih ngerasa panas saat melihat orang lain sukses?

Nggak usah jauh-jauh, deh. Bayangin aja kalo sahabat lo sukses dapat beasiswa atau saat dia sukses dapat pacar yang cantik dan pinter. Rasanya bakalan asin banget di hati lo, kan?

Yes, itu alami, sob. Nggak ada yang salah sih dengan itu. Yang salah adalah kalo lo cuma diem-diem aja dan menyimpan kedengkian sama orang yang udah sukses. Sebenernya lo juga pengen sukses kayak temen lo itu, tapi lo nggak ngapa-ngapain. Nah, ini yang bahaya.

Kebiasaan jelek sebagian masyarakat kita itu adalah terlalu sering menyaksikan kesuksesan orang lain, tetapi lupa sama perihnya perjuangan di balik kesuksesan itu. Artinya apa? Lo itu lebih sering melihat pencapaian orang ketimbang usahanya. Akibatnya, lo lebih asik bermimpi ketimbang berbuat.

Padahal, di balik setiap kesuksesan itu pasti ada kucuran keringat yang nggak terhitung. Nggak cuma keringat, airmata juga mungkin mengiringi perjuangan orang-orang sukses. Sodara lo mungkin bisa dapat beasiswa karena dia belajar keras. Temen sebangku lo mungkin bisa dapat pacar cantik karena dia berusaha untuk meningkatkan kualitas diri. Jadi, setiap kesuksesan itu ada usahanya.

Coba lo renungin lebih dalam lagi. James Watt, misalnya, penemu lampu. Berapa kali dia melakukan percobaan? 999 kali! Dari 1.000 kali percobaan, barulah dia menemukan trik yang tepat buat bikin lampu yang tahan lama. Lo bayangin, deh ... kalau dia menyerah, kita mungkin bakalan tetep pake lilin sama obor buat penerang di malam hari.

Pertanyaannya: lo udah melakukan usaha sejauh apa untuk sukses? Sukses itu hasil, usaha itu proses. Apa yang udah lo lakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik?

Sebenernya, lo nggak perlu menekuni semua hal, tetapi lo harus punya satu minat yang bisa bikin lo mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Misalnya, lo suka gambar, ya lo harus tekunin itu sampe lo bisa jadi komikus atau pelukis! Konsultasi sama guru kesenian lo, latihan terus, lo lakukan itu sampai lo mendapatkan sukses versi lo!

Gitu, lho. Jadi, bagi lo yang masih suka malas-malasan, percayalah ... hidup lo bakalan susah. Lo pikir orang sesukses Young Lex atau Awkarin itu bisa santai-santai sekarang karena mereka pemalas? Sob, mereka bisa sukses dan jadi selebgram kayak sekarang itu karena mereka dulunya berusaha keras buat jadi lebih baik! Lo suka ataupun nggak suka sama mereka, lo nggak akan bisa membantah kalo mereka bekerja keras, Sob.

Mereka aja yang udah sesukses itu ternyata juga butuh usaha, apalagi kita yang bukan siapa-siapa. Bangkit, Sob! Jangan males! Lo males, lo kegiles!

+

Susah Konsentrasi? Coba 5 Cara Ini Biar Lo Makin Fokus, Sob

Lo pernah nggak sih ngerasa susah banget berkonsentrasi? Katakanlah lo harus menghadapi ulangan esok hari, tetapi saat lo belajar nggak ada yang bisa masuk ke otak. Rasanya nyebelin dan bikin pusing banget, kan? Bukan cuma bikin pusing, tetapi itu bakalan berpengaruh ke nilai-nilai pelajaran lo di sekolah.

Nah, Hexos punya beberapa tips nih, Sob! Barangkali, beberapa tips ini bisa membantu lo mengatasi masalah susah konsentrasi. Penasaran? Simak cara-caranya di bawah ini!

  1. Jangan melakukan banyak hal sekaligus!

Satu-satu, dong, Sob! Ngerjain banyak hal sekaligus emang mungkin bisa membuat lo lebih cepat menyelesaikan tugas, tetapi kebiasaan ini sebenarnya justru jadi masalah untuk orang-orang yang susah berkonsentrasi.

Tenangkan pikiran lo, kerjakan semuanya secara berurutan, jangan sekaligus. Satu tugas selesaikan terlebih dahulu, baru tugas yang lain. Fokus, Sob. Melakukan pekerjaan satu demi satu  akan membantu lo untuk bisa lebih fokus saat bekerja.

  1. Olahraga ringan

Lo mungkin berpikir bahwa berolahraga akan membuat lo capek dan susah berkonsentrasi. Akan tetapi, studi menemukan bahwa olahraga sangat berperan penting bagi kesehatan otak dalam jangka waktu panjang. Gak perlu lama-lama. 15-30 menit setiap hari juga udah cukup, kok. Olahraganya juga nggak perlu yang terlalu berat, senam itu juga olahraga, lho.

  1. Istirahat bentar kalo udah ngebul

Semakin lama lo memaksa diri lo untuk mengerjakan sesuatu, otak lo akan semakin capek. Jangan paksain, Sob. Lo perlu menyeimbangkan kegiatan lo sama istirahat. Coba tidur sebentar kalo lo ngerasa kepala lo ngebul. Nggak usah lama-lama, 5-10 menit itu juga udah cukup buat bikin otak lo ngerasa lebih fresh.

  1. Meditasi

Meditasi juga bisa bikin konsentrasi lo pulih. Tarik napas, duduk bersila, tenang, pejamkan mata, terus keluarin napas lo secara perlahan-lahan. Pikirin hal-hal menyenangkan dalam hidup lo. Lakuin itu selama 10-20 menit dalam sehari bisa membantu pikiran lo kembali tenang dan fokus. Lakuin pas mau tidur dan pas bangun tidur.

  1. Isi perut lo, jangan dibiarin laper

Bener kata orang, lo itu jadi ngaco kalo laper. Laper emang faktanya adalah salah satu faktor kita jadi susah konsentrasi. Kalo lo emang ngerasa laper di saat lo harus melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi, seperti belajar, makan dulu. Ngemil aja kalau lo males makan nasi. Yang penting, perut lo nggak kosong dan otak lo punya “bensin” untuk berpikir lebih keras.

+
SENJATA RAHASIA LO
KALO DEKETIN CEWE, GIMANA HEXSOB?
#MINTasuara